Perancangan Wisata Alam Bukit Kembangan di Gresik dengan pendekatan ekologi arsitektur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Thoriqo, Nur Arif (2022) Perancangan Wisata Alam Bukit Kembangan di Gresik dengan pendekatan ekologi arsitektur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Arif Thoriqo_ H03217015.pdf

Download (4MB)

Abstract

Indonesia terkenal akan keberagaman Sumber Daya Alam yang dapat menjadi potensi dalam pengembangan di sektor pariwisata. Demi mendukung pencapaian tujuan pembangunan, maka perlu diupayakan untuk mengembangkan produk yang berkaitan dengan industri wisata. Di Jawa Timur, dengan potensi alamnya, memiliki peluang besar untuk mengembangkan industri pariwisata. Salah satunya di Kabupaten Gresik yang mempunyai banyak daya Tarik wisata yang berpotensi untuk dikembangkan secara maksimal, antara lain wisata alam dan budayanya. Pemerintah Jawa Timur sendiri berupaya merevitalisasi sektor Pariwisata. Selain itu, di kabupaten Gresik memiliki beberapa lahan bekas tambang yang tak dikembangkan secara penuh, salah satunya di bukit Kembangan, Kecamatam Kebomas, Gresik. Pemerintah Kabupaten Gresik pun mempunyai rencana untuk mengelola lahan bekas tambang yang berada di Bukit Kembangan, terlebih kawasan Bukit kembangan tersebut mempunyai potensi dan peluang besar untuk dikembngkan menjadi sebuah objek wisata alam di pusat kota Gresik. Wisata alam ini nantinya menggunakan pendekatan ekologi arsitektur, yang mana konsep konstruksi utama arsitektur ekologi adalah memperhatikan keseimbangan antara lingkungan alami dan buatan dengan elemen kunci manusia, bangunan dan lingkungan, serta mengurangi dampak buruk terhadap lingkungan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Thoriqo, Nur Arifnurarifthoriqo@gmail.comH03217015
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorErnawati, Ritarita_ernawati@uinsby.ac.id2003088003
Thesis advisorWidiastuti, Mega Ayundyam_ayundya@yahoo.com2010038701
Subjects: Arsitektur
Pariwisata
Keywords: Perancangan wisata alam; wisata alam; ekologi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Arsitektur
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2022 07:23
Last Modified: 21 Mar 2022 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52519

Actions (login required)

View Item View Item