Implementasi prosedur operasional standar dalam meningkatkan layanan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Roihannah, Nur Hidayati (2021) Implementasi prosedur operasional standar dalam meningkatkan layanan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 1 Sukodadi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Hidayati Roihannah_D93217068.pdf

Download (918kB)

Abstract

Skripsi ini berjudul Implementasi Prosedur Operasional Standar dalam Meningkatkan Layanan Perpustakaan Sekolah di SMA Negeri 1 Sukodadi Kabupaten Lamongan. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab fokus penelitian mengenai implementasi prosedur operasional standar perpustakaan di SMA Negeri 1 Sukodadi, layanan perpustakaan di SMA Negeri 1 Sukodadi, dan implementasi prosedur operasional standar dalam meningkatkan layanan perpustakaan sekolah di SMA Negeri 1 Sukodadi. Jenis penelitian ini deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, kepala perpustakaan, staf perpustakaan, guru, dan siswa. Data penelitian diperoleh melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Peneliti menggunakan model interaktif Miles and Huberman dalam melakukan analisis dan interpretasi data serta menggunakan teknik triangulasi dalam menguji keabsahan data penelitian. Hasil penelitian yang diperoleh menyatakan bahwa (1) Implementasi POS perpustakaan di SMAN 1 Sukodadi bahwa POS yang ada di perpustakaan berisi aturan dalam mengerjakan suatu kegiatan sesuai dengan tugas dan fungsi perpustakaan. Penyusunan dan pembuatan POS perpustakaan dibuat oleh Kepala Perpustakaan, Staf Perpustakaan dan Guru yang terlibat di perpustakaan dengan dalam pengawasan Kepala Sekolah. POS perpustakaan yang ada meliputi POS layanan sumber belajar, POS pendaftaran anggota baru, dan POS pengelolaan sumber belajar. POS tersebut sudah dilakukan sesuai aturan yang berlaku; (2) Layanan Perpustakaan di SMAN 1 Sukodadi pelaksanaanya sudah berjalan dengan baik. Proses peminjaman yang dilakukan perpustakaan secara sistem terbuka dan tertutup. Jenis layanan ada meliputi layanan peminjaman dan pengembalian. Faktor pendukung seperti tersedianya fasilitas, bahan koleksi, pustakawan, dan pengguna sudah terpenuhi.; (3) Implementasi POS dalam meningkatkan layanan perpustakaan sekolah di SMAN 1 Sukodadi dikelola dengan baik. Tahapan pengelolaan POS terhadap layanan perpustakaan yakni perencanaan terdapat perencanaan jangka panjang dan menengah, pelaksanaan terdapat proses melakukan kegiatan pelayanan dengan menggunakan sesuai prosedur yang tersedia, dan evaluasi kegiatan layanan dilakukan setiap hari setelah jam sekolah berakhir dan akhir tahun ajaran.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Roihannah, Nur Hidayatinyimasayida@gmail.comD93217068
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukhlishah AM, Mukhlishah AMmukhlishah.bki@gmail.com2005056801
Thesis advisorSholihah, Ni'matusnickssholihah@yahoo.com2002087303
Subjects: Layanan
Perpustakaan
Keywords: Implementasi; prosedur operasional standar; layanan perpustakaan sekolah
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Mar 2022 08:10
Last Modified: 21 Mar 2022 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52523

Actions (login required)

View Item View Item