Politik ekspansi Sultan Agung di Wilayah Timur Tanah Jawa (1614-1625 M)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Afida, Nurul Lailia (2021) Politik ekspansi Sultan Agung di Wilayah Timur Tanah Jawa (1614-1625 M). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nurul Lailia Afida_A92217127.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini berjudul “Politik Ekspansi Sultan Agung di Wilayah Timur Tanah Jawa” dengan memfokuskan kajian mengenai (1) Bagaimana kondisi Kerajaan Mataram Islam di bawah pemerintahan Sultan Agung (2) Bagaimana politik ekspansi yang dilakukan Sultan Agung di wilayah Timur Tanah Jawa (3) Bagaimana strategi Sultan Agung dalam melakukan politik ekspansi di wilayah Timur Tanah Jawa Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan historis dan ilmu sosial untuk menjelaskan terjadinya politik ekspansi dalam kepemimpinan Sultan Agung untuk memperluas kekuasaanya di Jawa Timur. Kemudian teori yang digunakan adalah teori politik dan teori strategi perang untuk menganalisis proses politik ekspansi yang dilakukan Sultan Agung di Jawa Timur Hasil penelitian menunjukkan (1) Kepemimpinan Sultan Agung telah membawa Mataram berkembang pesat menjadi kerajaan terbesar di Jawa dan Nusantara pada tahun 1614-1645. Hal ini membuktikan bahwa Sultan Agung membawa Mataram unggul dalam beberapa bidang seperti politik, perluasan wilayah, ekonomi, dan agama (2) Dimulai tahun 1614, Sultan Agung melancarkan serangan militer pertamanya ke daerah-daerah timur Jawa sebagai target politik ekspansinya. Kemudian tahun 1615-1625, Sultan Agung berhasil menaklukkan daerah-daerah Jawa Timur seperti Wirasaba, Siwalan dan Lasem, Pasuruan, Tuban, dan Surabaya (3) Strategi ekspansi ke Jawa Timur adalah memahami jalan, memahami musim dan cuaca, menguasai medan, memberikan komando, dan disipilin pada aturan dari pemimpin perang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Afida, Nurul Lailianurulafidah2120@gmail.comA92217127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Politik > Politik Islam
Sejarah Peradaban Islam
Keywords: Mataram; Sultan Agung; politik ekspansi; Jawa Timur
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 22 Mar 2022 07:18
Last Modified: 22 Mar 2022 07:18
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52540

Actions (login required)

View Item View Item