Analisis miskonsepsi siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV materi kalimat thayyibah masya Allah dan subhanallah di MI Darul Ulum Gedongan Waru

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khusna, Asmaul (2021) Analisis miskonsepsi siswa pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas IV materi kalimat thayyibah masya Allah dan subhanallah di MI Darul Ulum Gedongan Waru. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asmaul Khusna_D97217087.pdf

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah ketika peneliti sedang mengajar materi Kalimat Thayyibah menggantikan guru mata pelajaran Akidah Akhlak di kelas IV MIDU Gedongan, peneliti menguji siswa dengan memberikan pertanyaan terkait penggunaan kalimat Thayyibah. Dari hasil uji didapatkan nilai rata-rata kelas 14,8 yang berarti hampir seluruh siswa mengalami miskonsepsi pada penggunaan kalimat Thayyibah. Untuk dapat meningkatkan pengetahuan siswa mengenai penggunaan kalimat Thayyibah Masya Allah dan Subhanallah, maka dibutuhkan penelitian untuk dapat mengidentifikasi miskonsepsi yang terjadi dan faktor yang menimbulkan miskonsepsi pada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana tingkat miskonsepsi siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Kalimat Thayyibah Masya Allah dan Subhanallah di kelas 4 MI Darul Ulum Gedongan Waru Sidoarjo, 2) Apa faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Kalimat Thayyibah Masya Allah dan Subhanallah di kelas 4 MI Darul Ulum Gedongan Waru Sidoarjo.Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, Three Tier Test dan dokumentasi. Langkah dalam mengumpulkan data dengan melakukan wawancara pada guru dan murid kelas 4 MI Darul Ulum Gedongan Waru. Untuk keabsahan data peneliti menggunakan kredibilitas yang menyangkut mengenai ketekunan dalam pengamatan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Jenis miskonsepsi siswa yang terjadi pada mata pelajaran Aqidah Akhlak materi Kalimat Thayyibah Masya Allah dan Subhanallah di kelas 4 MI Darul Ulum Gedongan Waru Sidoarjo adalah miskonsepsi False Negative sebesar (52,76%). 2) Faktor penyebab terjadinya miskonsepsi adalah : a) Guru yang mengajarkan mata pelajaran Aqidah Akhlak mengalami miskonsepsi saat menjelaskan penggunaan kalimat Thayyibah Masya Allah dan Subhanallah. b) Sumber pembelajaran hanya berdasarkan buku Akidah Akhlak (LKS). Pada buku tersebut juga terdapat miskonsepsi dalam penggunaan kalimat Thayyibah Masya Allah dan Subhanallah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khusna, AsmaulAsnachan3@gmail.comD972170987
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMukaffa, Zumrotulzumrotul_mukafah@yahoo.com2015107003
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Materi
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Keywords: Miskonsepsi; Three tier test; Kalimat thayyibah masya allah dan subhanallah.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Asmaul Khusna
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:02
Last Modified: 24 Mar 2022 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52542

Actions (login required)

View Item View Item