Penerapan media pasir berwarna dalam meningkatkan kemampuan menulis angka anak kelompok A di taman kanak-kanak Aurora Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosita, Heidy Ayu (2022) Penerapan media pasir berwarna dalam meningkatkan kemampuan menulis angka anak kelompok A di taman kanak-kanak Aurora Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heidy Ayu Rosita_D09217013.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kemampuan anak kelompok A di TK Aurora Buduran Sidoarjo dalam menulis angka belum maksimal. Fakta ini didapatkan dari hasil pengamatan awal yang dilakukan peneliti menggunakan lembar observasi bahwa selain ada anak yang sudah bisa mandiri dan lancar menulis angka, ada juga beberapa anak yang kesulitan dalam menulis angka, dan menulis angka 3, 4, 5, 6, 7, 9 dengan arah yang terbalik. Selain itu, angka yang ditulis anak masih belum terlihat jelas garis dan bentuknya. Di TK Aurora Buduran Sidoarjo, guru masih menggunakan media pembelajaran pensil dan buku tulis. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan meningkatkan kemampuan menulis angka anak kelompok A TK Aurora Buduran Sidoarjo dengan media yang dapat mempercepat peningkatannya. Metode yang digunakan adalah penerapan media pembelajaran pasir berwarna di dalam proses kegiatan belajar anak di kelas. Hasil yang diperoleh adalah penerapan media pasir berwarna berhasil meningkatkan kemampuan menulis angka anak kelompok A di TK Aurora Buduran Sidoarjo. Hal tersebut dapat dilihat dari persentase keberhasilan anak dari pra siklus atau sebelum dilakukannya tindakan, lalu ke siklus I dan siklus II yang terus meningkat. Pada pra siklus, anak yang mendapatkan skor tuntas (skor 3) di kelas dalam kemampuan menulis angka hanya mencapai 30,56% dengan kriteria ‘kurang’. Selanjutnya pada siklus I, anak-anak yang memperoleh skor 3 mencapai 55,56% dengan kriteria ‘cukup’. Dan setelah dilakukan tindakan pada siklus II, anak yang mampu memperoleh skor tiga (skor tuntas) mencapai 88,89% dengan kriteria ‘baik sekali’. Mengacu pada hasil ini, maka penerapan media pasir berwarna berhasil meningkatkan kemampuan menulis angka pada anak kelompok A TK Aurora Buduran Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosita, Heidy Ayuheidyar20@gmail.comD09217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorDwijo, Al-Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Subjects: Menulis
Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Anak
Keywords: Media; Pasir; Menulis Angka; Kelompok A.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Heidy Ayu Rosita
Date Deposited: 28 Mar 2022 14:12
Last Modified: 28 Mar 2022 14:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52546

Actions (login required)

View Item View Item