Etnomatematika aktivitas ekonomi komunitas pedagang muslim pada tradisi Pasar Bandeng Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawati, Lilik (2021) Etnomatematika aktivitas ekonomi komunitas pedagang muslim pada tradisi Pasar Bandeng Gresik. PhD thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Rahmawati_F03318038.pdf

Download (4MB)

Abstract

Matematika yang diterapkan oleh kelompok budaya tertentu disebut etnomatematika. Etnomatematika menjadi fenomena menarik dalam konteks aktivitas ekonomi pedagang muslim di Pasar Bandeng Gresik. Implementasi matematika pada aktivitas ekonomi komunitas ini sangat dipengaruhi oleh nilai budaya dan pandangan keagamaan. Penelitian ini memfokuskan pembahasan untuk menjawab pertanyaan; 1) Bagaimana nilai-nilai budaya dan pandangan keagamaan menentukan etnomatematika aktivitas ekonomi komunitas pedagang pada tradisi Pasar Bandeng Gresik?; dan 2) Bagaimana model etnomatematika aktivitas ekonomi komunitas pedagang muslim bagi kesejahteraan komunitas petambak Gresik?. Penelitian ini bersifat kualitatif dengan pendekatan fenomenologi sebab perilaku etnomatematika pedagang muslim merupakan fenomena yang diamati proses dan maknanya. Teknik pengambilan data melalui wawancara mendalam kepada 10 petani tambak dari Kecamatan Manyar, Bungah, Sedayu, dan Ujung Pangkah selaku pembudidaya bandeng secara tradisional sekaligus pedagang di Pasar Bandeng Gresik. Analisis data dilakukan secara interaktif dan berlangsung secara terus menerus sampai tuntas. Temuan penelitian yang dihasilkan yaitu; 1) Nilai budaya dan pandangan keagamaan menentukan etnomatematika aktivitas ekonomi komunitas pedagang Pasar Bandeng Gresik.Indikatornya adalah ekspresi dan adaptasi komunitas pedagang atas pengetahuan bertani, berdagang, matematika, dan pengetahuan yang bersumber dari teks-teks suci dalam aktivitas ekonomi di kehidupan sehari-hari. Terdapat habitualisasi perilaku etnomatematika yang memunculkan local knowledge. 2) Model etnomatematika pedagang muslim adalah model implementasi matematika terintegrasi nilai budaya dan pandangan keagamaan. Analisis terhadap model didapatkan bahwa implementasi matematika terintegrasi nilai budaya dan pandangan keagamaan mengantarkan pada pencapaian kesejahteraan dalam aspek materi dan non materi atau dalam ekonomi Islam disebut falah. Kebaruan penelitian ini terletak pada relevansi etnomatematika terintegrasi nilai budaya dan pandangan agama pada perilaku bisnis sehari-hari. Temuan penelitian berupa konsep perilaku etnoreligiomatematika untuk maṣlaḥah, yaitu sebuah potret perilaku matematika komunitas pedagang terintegrasi nilai budaya dan agama yang bermanfaat secara holistik dan seimbang. Bermanfaat tidak hanya secara material dan spiritual, namun juga secara individual dan sosial. Implikasi penelitian secara teoritik berupa teoritisasi terkait praktik etnomatematika terintegrasi nilai budaya dan pandangan keagamaan. Implikasi penelitian secara praktik berupa model etnomatematika terintegrasi nilai budaya dan pandangan keagamaan komunitas pedagang muslim yang dapat dikembangkan di komunitas setempat maupun daerah lain, di bidang kerja dan profesi lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (PhD)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawati, Liliklilikrahmawati@uinsby.ac.idF03318038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyam, Nursama@yahoo.com2007055801
Thesis advisorKusaeri, Kusaerikusaeri@uinsby.ac.id2006077202
Subjects: Ekonomi Islam
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Tradisi Islam
Keywords: Etnomatematika; aktivitas ekonomi; tradisi pasar bandeng
Divisions: Program Doktor > Ekonomi Syariah
Depositing User: Lilik Rahmawati
Date Deposited: 26 Mar 2022 08:11
Last Modified: 26 Mar 2022 08:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52555

Actions (login required)

View Item View Item