Efektivitas penggunaan media Youtube dalam pembelajaran pada masa Covid-19 terhadap hasil belajar di Kelas 3 MI Bahrul Ulum Becirongengor Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hartanti, Reni (2021) Efektivitas penggunaan media Youtube dalam pembelajaran pada masa Covid-19 terhadap hasil belajar di Kelas 3 MI Bahrul Ulum Becirongengor Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reni Hartanti_D97217111.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya pandemi COVID-19yangmengharuskan pembelajaran berlangsung secara online atau prosespembelajaran berlangsung di rumah.Hal ini dapat berdampak pada hasil belajar Peserta didik. Dalam hal ini peneliti melihat keefektifan media videoyoutube sebagai media pembelajaran online untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini memiliti tujuan untuk mengetahui penerapan mediavideo youtube sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daringdi kelas 3 MI Bahrul Ulum Becirongengor dan Untuk mengetahui keefektifanpenerapan media youtube sebagai media pembelajaran dalampembelajarandaring di kelas 3 MI Bahrul Ulum Becirongengor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif yaitu metodepenelitian menggunakan analisis statistic dan data yang didapatkan berupaangka. Jenis penelitian pada kali ini menggunakan quast eksperimen denganpenelitian yaitu One-Group-Pretest Posttest Design. Dengan membandingkannilai sebelum diberikan perlakuan(pretest) dengan nilai setelah diberikanperlakuan (posttest). Dan data tersebut dianalisis menggunakan uji hipotesisPaired Sample T-Test. Hasil pengujian uji hipotesis menggunakan uji Paired Sample T-Test yang menunjukkan nilai sig (2-tailed) yaitu 0,000 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan H0 ditolak dan Ha diterima yang berarti bahwa penggunaan mediavideo youtube efektif sebagai media pembelajaran daring di kelas III MI Bahrul Ulum Becirongengor.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hartanti, Renirenitanti7@gmail.comD97217111
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMasud, Sulthonsulthon.masud@uinsby.ac.id2073091001
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Efektivitas; media Video youtube; hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2022 04:44
Last Modified: 24 Mar 2022 04:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52575

Actions (login required)

View Item View Item