Hubungan kebersyukuran dan optimisme dengan tingkat kecemasan penyintas Covid19 dengan long covid

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ar Rosyada, Raisa Chilmia (2021) Hubungan kebersyukuran dan optimisme dengan tingkat kecemasan penyintas Covid19 dengan long covid. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Raisa Chilmia Ar Rosyada_J01217039.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tingkat kecemasan merupakan suatu rentang perasaan takut dan khawatir ketika dihadapkan dengan situasi yang menekan dan dikaitkan dengan perubahan fisiologis seperti detak jantung meningkat, konstipasi, dll. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebersyukuran dan optimisme dengan tingkat kecemasan penyintas covid19 dengan long covid. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional. Teknik penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling. Uji hipotesis penelitian ini menggunakan analisis regresi linear berganda. populasi dari penelitian ini adalah penyintas covid19 dengan long covid yang berpopulasi di wilayah Jawa Timur, dengan jumlah sebanyak 400 subjek. Skala yang digunakan dalam penelitian ini ada tiga, skala tingkat kecemasan dengan menggunakan Hamilton Anxiety Rating Scale , skala kebersyukuran yang disusun berdasarkan teori Fitzgerald 1998 dan Watkins (2003), dan skala optimisme yang disusun berdasarkan teori Seligman (1998). Hasil penelitian menunjukkan nilai F tabel yaitu 20,126 dengan nilai signifikan sebesar 0,000 < 0,05, yang dapat diartikan sebagai hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang simultan antara kebersyukuran dan optimisme dengan tingkat kecemasan penyintas covid19 dengan long covid.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ar Rosyada, Raisa Chilmiaraisachilmia27@gmail.comJ01217039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsiyah, Siti Nurnurays72@yahoo.co.id2027097201
Subjects: Psikologi > Kecemasan
Keywords: Tingkat kecemasan; kebersyukuran; optimisme
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Mar 2022 08:27
Last Modified: 24 Mar 2022 08:27
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52577

Actions (login required)

View Item View Item