Pemanfaatan sampah organik menjadi Briket dengan variasi komposisi sabut Kelapa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ratnasari, Putri Ayu (2022) Pemanfaatan sampah organik menjadi Briket dengan variasi komposisi sabut Kelapa. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Ayu Ratnasari_H05217018.pdf

Download (2MB)

Abstract

Sampah organik merupakan sampah yang mudah membusuk, jika tidak diolah akan mengakibatkan pencemaran di lingkungan. Sabut kelapa mempunyai nilai kalori yang cukup tinggi. Salah satu pengolahan yang dapat dilakukan dengan memanfaatkan sampah organik dan sabut kelapa yaitu briket. Briket merupakan salah satu bahan bakar alternative yang terbarukan (renewable) serta energi biomassa yang ramah terhadap lingkungan. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengetahui hasil proses pemanfaatan sampah organik di TPST Karangbong menjadi briket dengan presentase 25%:75%, 50%:50%, dan 75%:25%, untuk mengetahui hasil uji kadar air, kadar abu, volatile matter, dan nilai kalor pada briket yang dihasilkan, dan untuk mengetahui hasil analisis ekonomi. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan memanfaatkan sampah organik di TPST Karangbong dengan variasi komposisi sabut kelapa. Hasil penelitian ini menunjukkan pemanfaatan sampah organik pada TPST Karangbong dengan variasi komposisi sabut kelapa dengan 3 presentase yaitu SK 25% : SO 75%, SK 50% : SO 50%, dan SK 75% : SO 25%. Briket yang dihasilkan berbentuk kubus dengan ukuran cetakan 5 cm. hasil uji kadar air, kadar abu pada briket yang dihasilkan sudah sesuai dengan standar SNI. Hasil uji volatile matter terdapat 1 presentase briket yaitu briket dengan presentase SK 50% : 50%, yang tidak sesuai dengan standar karena hasilnya lebih tinggi daripada standar SNI. Hasil nilai kalor pada briket yang dihasilkan dari 3 presentase tidak ada yang memenuhi standar, karena hasil nilai kalor lebih rendah jika dibandingkan dengan standar sesuai SNI. Hasil analisis ekonomi didapatkan harga briket per kg yaitu Rp 12.545, jika dibandingkan dengan harga bahan bahar lain maka harga briket ini masih terjangkau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ratnasari, Putri AyuPa4547126@gmail.comH05217018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAuvaria, Shinfi Waznashinfiwaznaauvaria@gmail.com2028038601
Thesis advisorNilandita, Widyawidya.nilandita@gmail.com2007108402
Subjects: Teknik Lingkungan
Keywords: Sampah organic; sabut Kelapa; Briket
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Tehnik Lingkungan
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Mar 2022 07:24
Last Modified: 25 Mar 2022 07:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52583

Actions (login required)

View Item View Item