Implementasi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran al qur’an hadist dalam membentuk motivasi belajar siswa MI Nurul Huda Jelu di masa covid-19

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shodiq, Imam Ja'far (2021) Implementasi pembelajaran blended learning pada mata pelajaran al qur’an hadist dalam membentuk motivasi belajar siswa MI Nurul Huda Jelu di masa covid-19. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imam Ja'far Shodiq_F52319328.pdf

Download (3MB)

Abstract

Motivasi belajar merupakan aspek penting dalam membentuk siswa berkarakter. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi blended learning dalam mebentuk motivasi siswa. Lokasi yang menjadi penelitian ini adalah MI Nurul Huda Jelu. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif yang bersifat induktif dengan metode pengumpulan data yaitu, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukka bahwa: 1) impelementasi pembelajaran Qur’an hadis dengan menggunakan blended learning mampu membentu motivasi siswa. Motivasi siswa dalam melakukan kegiatan pembelajaran melalui blended learning berhubungan erat dengan kebiasaan siswa untuk terlibat aktif dan menjadi bagian dari bagian pembelajaran. 2) Faktor-faktor yang mendukung dalam implementasi pembelajaran menggunakan blended learning dalam membentuk motivasi belajar adalah kondisi fisik siswa, minat dan bakat siswa, semangat belajar siswa, tingkat kecerdasan siswa, dukungan orang tua, strategi mengajar guru, pemilihan media belajar yang menarik dan penggunaan aplikasi belajar yang tepat. Adapun faktor penghambat dalam implementasi pembelajaran menggunakan blended learning dalam membentuk motivasi belajar adalah koneksi internet yang tidak stabil, keterbatasan waktu, evaluasi pembelajaran, sarana pembelajaran yang tidak memadai, kemampuan membeli kuota internet, dan terakhir adalah kesadaran orang tua dalam mendampingi anak belajar; dan 3) respons yang diberikan siswa kelas V MI Nurul Huda Jelu dalam pembelajaran menggunakan blended learning terbilang positif. Hal ini dapat dilihat dari ketertarikan, relevansi maupun konfidensi. Respon dan motivasi belajar awal yang tinggi dari siswa MI Nurul Huda Jelu perlu dijaga dengan merealisasikan pembelajaran blended learning yang dirancang dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shodiq, Imam Ja'farimamjs1989@gmail.comF52319328
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAssegaf, Abd. Rachmanprofassegaf@gmail.com2012036402
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pembelajaran Qur’an Hadis; Blended learning; Motivasi belajar Siswa.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Shodiq Imam Ja'far
Date Deposited: 28 Mar 2022 14:55
Last Modified: 28 Mar 2022 14:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52588

Actions (login required)

View Item View Item