Perubahan perilaku konsumtif kaum buruh di Kecamatan Taman, Sidoarjo: Studi konsumen JB Beauty

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Annisa (2022) Perubahan perilaku konsumtif kaum buruh di Kecamatan Taman, Sidoarjo: Studi konsumen JB Beauty. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel surabaya.

[img] Text
Annisa Ulya_I93218063.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian perubahan perilaku konsumtif pada kaum buruh, hal ini dipengaruhi oleh lingkungan social yang baru sehingga menimbulkan perilaku konsumtif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perubahan perilaku konsumtif pada kelompok buruh dan mengetahui dampak yang diperoleh kelompok buruh ketika mengalami perubahan perilaku menjadi konsumtif. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun objek yang digunakan dalam penelitian ini yaitu founder JB Beauty, CO-Founder Jb Beauty, Karyawan JB Beauty, dan Kelompok Buruh Pabrik yang berdomisili di daerah Taman Sidoarjo. Teori yang digunakan dalam analisa fenomena perubahan perilaku konsumtif pada kelompok buruh adalah teori konsumsi milik Jean Paul Baudrilliard. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Dari hasil penelitian diatas terkait perubahan perilaku konsumtif kelompok buruh menyatakan bahwa adanya unsur eksistensi yang terjadi pada suatu individu maupun kelompok sehingga sadar maupun tidak keberlangsungan perubahan perilaku konsumtif terjadi pada masyarakat buruh (2) Terkait dampak yang akan diterima bagi kelompok buruh yang memiliki perilaku konsumtif menyatakan bahwa dampak yang dirasakan kelompok buruh setelah melakukan perilaku konsumtif sangatlah berdampak bagi kehidupan di masa depan, namun kehadiran dampak negative tidak secara kontan dirasakan oleh pelaku perilaku konsumtif, namun dalam jangka panjang dirasakan secara signifikan, dampak perilaku konsumtif menyebabkan individu tidak memiliki dana darurat yang berguna di masa yang akan datang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Annisaannisaulya03@gmail.comI93218063
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWarsito, Warsito--2009025901
Subjects: Perilaku
Remaja, Gaya hidup
Konsumen
Keywords: Perubahan perilaku; Konsumtif; Buruh pabrik.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Annisa Ulya
Date Deposited: 31 Mar 2022 14:46
Last Modified: 31 Mar 2022 14:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52590

Actions (login required)

View Item View Item