Kehidupan bersama masyarakat multi agama dalam menjaga kerukunan di Kelurahan Babatan Kecamatan Wiyung Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Debby Prilisia (2022) Kehidupan bersama masyarakat multi agama dalam menjaga kerukunan di Kelurahan Babatan Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Debby Prilisia Putri_I73218032.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu kehidupan bersama masyarakat multi agama dalam menjaga kerukunan di Kelurahan Babatan Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Dengan rumusan masalah yang didapat yaitu bagaimana kehidupan bersama masyarakat multi agama dan bagaimana masyarakat multi agama di Babatan Kecamatan Wiyung dalam menjaga kerukunan. Tujuan dari penelitian ini adalah supaya peneliti dapat mengetahui bagaimana kehidupan bersama yang terjalin dan bagaimana upaya dalam menjaga kerukunan di Kelurahan Babatan Kecamatan Wiyung Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif pendekatan deskriptif dengan tehnik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan yaitu dengan menggunakan Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Dan Tehnik pemilihan sample menggunakan tehnik Snowball Sampling. Dari hasil penelitian, ditemukan bahwa (1) masyarakat multi agama di Babatan mampu untuk hidup bersama dengan baik sehingga bisa tetap menjaga kerukunan, kehidupan bersama yang dijalankan oleh masyarakat Babatan seperti beradaptasi dengan pemeluk agama lain, melakukan musyawarah dengan pemeluk agama lain dan mampu untuk memiliki rasa solidaritas masing-masing tanpa memandang status agama. (2) bagi masyarakat di Kelurahan Babatan upaya untuk tetap bisa menjaga kerukunan hingga saat ini yaitu ajaran pada masing-masing agama menjadi pedoman untuk hidup rukun, peran elit informal dalam mengupayakan pada masyarakat, tidak menjadikan perbedaan-perbedaan agama sebagai permasalahan dalam bermasyarakat, tidak melecehkan atau menghina keyakinan pemeluk agama lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Debby Prilisiadebbyprilisia3001@gmail.comI73218032
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohman, Abidabidabufida@gmail.com2023067704
Subjects: Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Kehidupan Bersama; Multi agama; Menjaga kerukunan.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Debby Prisilia
Date Deposited: 01 Apr 2022 02:36
Last Modified: 01 Apr 2022 02:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52593

Actions (login required)

View Item View Item