Eksistensi warisan tradisi Pasar Bandeng di Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ro'iyah, Maziyatu Millatir (2022) Eksistensi warisan tradisi Pasar Bandeng di Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maziyatu Millatir Ro'iyah_ I93218076.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dalam penelitian ini peneliti mengkaji bagaimana proses tradisi Pasar Bandeng dan mengapa masyarakat masih mempertahankan dan melestarikan nilai tradisi Pasar Bandeng di era modern. Dari rumusan masalah tersebut terdapat sub bab pembahasan di dalamnya, antara lain pembahasan mengenai pendapat masyarakat, tokoh masyarakat, dan pihak pemerintah daerah dalam menyikapi tradisi Pasar Bandeng. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis fenomena tradisi budaya yang terjadi pada masyarakat Kabupaten Gresik adalah teori Struktural Fungsionalisme AGIL milik Tallcot Parsons. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa (1) Proses pelaksanaan Tradisi Pasar Bandeng di Kabupaten Gresik yang diadakan setiap tahun sekali pada bulan Ramadhan pada malam 27 sampai menjelang Lebaran Idul Fitri dengan rangkaian acara yang menyertai kontes dan lelang bandeng pada puncak acara. (2) Upaya masyarakat Kabupaten Gresik dalam mempertahankan dan melestarikan tradisi Pasar Bandeng, antara lain melakukan inovasi baru tanpa menghilangkan keaslian tradisi Pasar Bandeng dan sosialisasi kepada generasi baru untuk meneruskan tradisi leluhur sebagai identitas Kabupaten Gresik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ro'iyah, Maziyatu Millatirmaziyatumillatirr@gmail.comI93218076
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Ilyasilyasrolis@gmail.com2018047701
Subjects: Budaya
Keywords: Eksistensi; Tradisi; dan Pasar Bandeng.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Maziyatu Millatir
Date Deposited: 01 Apr 2022 06:01
Last Modified: 01 Apr 2022 06:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52598

Actions (login required)

View Item View Item