Analisis pemanfaatan video sebagai media pembelajaran matematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MI Nurul Huda Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Awaliyah, Putri Robiatul (2022) Analisis pemanfaatan video sebagai media pembelajaran matematika dalam meningkatkan motivasi belajar siswa MI Nurul Huda Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Robiatul Awaliyah_D97217110.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pelaksanaan pembelajaran matematika yang kurang maksimal pada masa pandemi yang membuat siswa menjadi kurang antusias dalam mengikuti kegiatan pembelajaran di kelas sehingga mempengaruhi keadaan motivasi belajar matematika siswa. Dalam hal ini peneliti melakukan wawancara dengan pihak kepala sekolah dan guru matematika dimana salah satu cara yang dapat dilakukan dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa adalah pemanfaatan video sebagai media pembelajaran. Adapun tujuan dari penelitihan ini adalah: 1) Untuk mengetahui pemanfaatan video sebagai media pembelajaran matematika di MI Nurul Huda Gresik. 2) Untuk mengetahui motivasi belajar matematika siswa MI Nurul Huda Gresik dengan menggunakan media video. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Dengan studi kasus peneliti dapat mempelajari secara intensif mengenai pemanfaatan video sebagai media pembelajaran dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. Data penelitian diperoleh melalui teknik pengumpulan data observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan empat tahap, yakni pengumpulan data,reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pemanfaatan video sebagai media pembelajaran matematika di MI Nurul Huda Gresik terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi belajar matematika siswa. 2) Motivasi belajar siswa kelas IV MI Nurul Huda Gresik terbukti meningkat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Awaliyah, Putri Robiatulputrirobiatulawaliyah64@gmail.comD97217110
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com2020027701
Thesis advisorSutini, Sutinisutinimiskun@uinsby.ac.id2003017703
Subjects: Matematika
Motivasi Belajar
Keywords: Pemanfaatan video; media pembelajaran; motivasi belajar matematika
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Putri Robiatul Awaliyah
Date Deposited: 31 Mar 2022 20:44
Last Modified: 31 Mar 2022 20:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52602

Actions (login required)

View Item View Item