Upaya guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa pada saat pembelajaran daring di MI Darut Taqwa Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Rohmatul (2022) Upaya guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa pada saat pembelajaran daring di MI Darut Taqwa Kecamatan Ponggok Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rohmatul Hasanah_D97217112.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya pembentukan karakter disipin siswa. Namun saat pembelajaran daring, banyak siswa yang menunjukkan sikap tidak disiplin, hal ini dikarenakan pada saat pembelajaran daring guru tidak dapat mengawasi karakter disiplin siswa secara langsung. Selain itu, saat belajar dari rumah tingkat kemalasan siswa juga meningkat sehingga menimbulkan perilaku-perilaku tidak disiplin seperti ada sebagian siswa yang tidak mengikuti pembelajaran daring, serta ada yang terlambat dalam mengumpulkan tugas. Tujuan penelitian yang ingin dicapai oleh peneliti yaitu: 1) untuk mengetahui tingkat kedisiplinan siswa kelas V-A pada saat pembelajaran daring di MI Darut Taqwa Ponggok Blitar, 2) untuk mengetahui upaya–upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa kelas V-A pada saat pembelajaran daring di MI Darut Taqwa Ponggok Blitar, 3) untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam upaya pembentukan karakter disiplin siswa pada saat pembelajaran daring di MI Darut Taqwa Pongk Blitar. Adapun metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu studi kasus dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Untuk teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dengan tahapan penelitian yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan yang terakhir penarikan kesimpulan. Adapun Objek dalam penelitian ini yaitu upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa pada saat pembelajaran daring, sedangkan subjeknya antara lain kepala sekolah, guru kelas V-A, guru PAI, guru Bahasa Arab, serta perwakilan dari siswa kelas V-A yang berjumlah 3 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) kedisiplinan siswa kelas V-A MI Darut Taqwa Ponggok Blitar pada saat pembelajaran daring mengalami penurunan, 2) upaya guru dalam membentuk karakter disiplin siswa pada saat pembelajaran daring antara lain, keteladanan, pembiasaan, membuat peraturan, memberikan hukuman untuk siswa yang melanggar ketentuan, memberikan reward untuk siswa berhasil disiplin, serta melakukan konsitensi terhadap upaya- upaya yang dilakukan, 3) faktor pendukung upaya pembentukan karakter disiplin siswa kelas V-A MI darut Taqwa Ponggok Blitar antara lain kesadaran dalam diri siswa, keadaan fisik dan psikis yang baik, kerja sama guru dan orang tua, serta kontrol dari kepala sekolah. Sedangkan faktor penghambatnya yaitu faktor keluarga dan teman bermain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Rohmatulrohmaima966@gmail.comD97217112
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Guru
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Upaya guru; karakter disiplin; pembelajaran daring.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Rohmatul Hasanah
Date Deposited: 02 Apr 2022 21:03
Last Modified: 02 Apr 2022 21:03
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52604

Actions (login required)

View Item View Item