Analisis Wanprestasi jual beli sapi dengan sistem panjar dalam hukum islam dan KUH Perdata di Desa Bluri Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maharoh, Nahdlotuzzuhria (2021) Analisis Wanprestasi jual beli sapi dengan sistem panjar dalam hukum islam dan KUH Perdata di Desa Bluri Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nahdlotuzzuhria Maharoh_C92216187.pdf

Download (2MB)

Abstract

Data penelitian ini diperoleh dari wawancara yang mana dengan subyek penelitian, observasi, dan dokumentasi. Selanjutnya data yang diperoleh dianalisis dengan metode deskriptif dan kesimpulannya diambil melalui logika induktif.Hasil penelitian ini menyimpulkan dua hal, yang pertama bahwa jual beli sapi ini dilakukan antara peternak dan pembeli dengan menggunakan sistem panjar dengan melibatkan didalamnya perjanjian waktu. Namun ketika belum sampai jatuh tempo waktu pengambilan ternyata penjual ada yang melakukan wanprestasi dengan alasan ada pembeli lain yang datang dan menawarkan harga yang lebih tinggi. Upaya yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan wanprestasi tersebut yaitu membuat perjanjian baru dengan mencarikan sapi pengganti dengan tambahan waktu. Kemudian kesimpulan yang ke dua dalam jual beli sistem panjar ini hukumnya adalah sah. Dan dalam hal ini penjual dapat dikatakan telah melakukan wanprestasi karena telah menjual sapi yang sudah menjadi milik pembeli pertama kepada pembeli kedua. Dari uraian di atas disarankan pembeli melakukan pembayaran secara lunas kepada penjual atau bisa dengan mengambil sapi tersebut diawal transaksi untuk menghindari resiko terjadinya wanprestasi yang kemungkinan bisa saja terjadi dikemudian hari, serta jika memang menggunakan sistem panjar maka sebaiknya menggunakan alat bukti pembayaran seperti kuwitansi ataupun menggunakan perjanjian tertulis lainnya sebagai antisipasi apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan dikemudian hari seperti terjadinya wanprestasi atau sengketa lainnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maharoh, Nahdlotuzzuhrianahdlotuzzuhria766@gmail.comC92216187
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafa'at, Abdul Kholiqkholiqsy@yahoo.com2005067104
Subjects: Hukum Islam
Jual Beli
Keywords: Jual-Beli; Wanprestasi.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nahdlotuzzuhria Maharoh
Date Deposited: 02 Apr 2022 13:56
Last Modified: 02 Apr 2022 13:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52605

Actions (login required)

View Item View Item