Perubahan sosial pasca pengembangan Edu Wisata Lontar Sewu di Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik dalam tinjauan Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Trisnawati, Heni (2022) Perubahan sosial pasca pengembangan Edu Wisata Lontar Sewu di Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik dalam tinjauan Teori Struktural Fungsional Talcott Parsons. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Heni Trisnawati_I93218071.pdf

Download (5MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini yaitu mengenai bagaimana perubahan sosial pasca pengembangan Edu Wisata Lontar Sewu di Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik dan bagaimana dampak perubahan sosial pasca pengembangan Edu Wisata Lontar Sewu terhadap kehidupan masyarakat Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami perubahan sosial dan dampak pengembangan Edu Wisata Lontar Sewu terhadap kehidupan masyarakat Desa Hendrosari Kecamatan Menganti Kabupaten Gresik. Metode yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis fenomena yang terjadi mengenai perubahan sosial yang terjadi pasca pengembangan Edu Wisata Lontar Sewu adalah teori Struktural Fungsional Talcott Parsons dengan menggunakan konsep AGIL (Adaptation, Goal Attainment, Integration, Latency). Dari hasil penelitian yang telah dilakukan, didapatkan 2 hasil temuan: pertama, perubahan yang terjadi pada masyarakat Desa Hendrosari pasca pengembangan Edu Wisata Lontar Sewu adalah perubahan pada pola pikir dan pola hubungan dalam masyarakat. Kedua, pembangunan Edu Wisata Lontar Sewu tersebut berdampak pada berbagai bidang dalam kehidupan masyarakat, yakni bidang sosial berupa kekompakan seluruh elemen masyarakat dalam pengembangan wisata. Bidang ekonomi berupa peningkatan dalam perekonomian masyarakat. Bidang sosial budaya berupa hilangnya kebiasaan mabuk dalam masyarakat sehingga stigma buruk terhadap Desa Hendrosari terganti menjadi desa dengan jujukan wisatawan. Dan bidang agama berupa santunan rutin setiap 1 bulan sekali kepada yatim piatu dan warga yang kurang mampu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Trisnawati, Henihenitrisnawati110@gmail.comI93218071
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Suhartinisuhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Sosiologi
Keywords: Perubahan Sosial; Edu Wisata Lontar sewu.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Heni Trisnawati
Date Deposited: 01 Apr 2022 03:19
Last Modified: 01 Apr 2022 03:19
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52620

Actions (login required)

View Item View Item