Problematika implementasi kurikulum 2013 terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Mtsn 1 Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafaah, Alisa Dwi (2021) Problematika implementasi kurikulum 2013 terhadap mata pelajaran Aqidah Akhlaq di Mtsn 1 Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alisa Dwi Musyafaah _ D91216091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kurikulum di indonesia kerap kali mengalami perubahan-perubahan bahkan hampir setiap pergantian menteri baru krukulum barupun akan muncul hal ini dikarenakan Indonesia mengalami ketertinggalan dalam dunia pendidikan. Perubahan kurikulum didasarkan atas faktor perkembangan zaman yang semakin maju dan berkembang. Adapun kali ini Indonesia menjalankan kurikulum baru yaitu kurikulum 2013 yang mana pada kurikulum tersebut merupakan pengembangan dari kurikulum sebelumnya yaitu kurikulum KBS dan KTSP. Penerapan kurikulum 2013 ini diharapkan bisa mengatasi persoalan- persoalan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia saat ini baik dari segi eksternal maupun internal.Penelitian ini bertujuan untuk mencari tau tentang “Problematika Kurikulum 2013 Terhadap Mata Pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 1 Lamongan.Untuk menyelesaik semua permasalahan Peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif dengan pendekatan Fenomenologis yang mana sumber informan diambil dari hasil wawancara dan analisis dari berbagai sumber. Metode penelitian yang di jadikan sebagai pedoman peneliti diambil dari metode Miles dan Huberman.Dari hasil penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa perencanaan kurikulum 2013 di Madrahsa Tshanawiya Negeri 1 Lamongan telah dirancang sebaik mungkin dengan membuat beberapa program yang telah ditetapkan untuk mempermuda ketenanga pendidikan dalam mengembangkan kurikulum 2013. Pelaksanaan kuurikulum 2013 di MTsN dilaksanakan dengan memperhatikan kesiapan ketenaga pendidikan dalam mengaplikasikan kurikulum 2013 dan sarana prasarana yang masih belum memadahi. Problematika Implementasi kurikulum 2013 pada mata pelajaran Akidah Akhlak di Madrahsa Tshanawiya Negeri (MTsN) Babat, Kabupaten Lamongan yaitu: (1) Probelematika tersebut dialami pada saat pelaksanaanadministrasinya, misalkan dalam pengumpulan hasil laporan prangkat pembelajar yang sering kali terlambat. Adapun keterlambatan tersebut dikarenakan adanya faktor penggunaan dalam Alat Komputer yang mana tidak semua guru bisa menggunakan alat computer tersebut. (2) Problematika yang dialami oleh Guru mata pelajaran Akidah Akhlak yaitu, sulitnya mengontrol peserta didik pada saat guru memberi tugas baik berupa proyek atau produk dan dikerjakan secara kelompok seringkali mengalami keterlambatan dalam mengumpulkanya dan memakan cukup banyak waktu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafaah, Alisa Dwialisamusyafaah@gmail.comD91216091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyamsudin, Syamsudinsyamsudinuinsby@gmail.com2012096702
Thesis advisorAbitolkha, Amir Maliki Abitolkhaamir.abitolkha@gmail.com2008117102
Subjects: Aqidah
Aqidah
Wajib Belajar > Aqidah

Kurikulum
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Kurikulum
Keywords: Implementasi; kurikulum 2013; problematika; mata pelajaran Akidah Akhlak.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Kuntum L.R------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Apr 2022 01:49
Last Modified: 03 Apr 2022 01:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52639

Actions (login required)

View Item View Item