Pengaruh akses pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan religiusitas sebagai variabel moderasi di SAMSAT Drive Thru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Claudia, Rega Citra (2022) Pengaruh akses pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan religiusitas sebagai variabel moderasi di SAMSAT Drive Thru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rega Citra Claudia_G72218051.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh akses pajak dan kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak kendaraan bermotor dengan religiusitas sebagai variabel moderasi di SAMSAT drive thru Sidoarjo. Pendekatan penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan data primer melalui penyebaran kuesioner. Teknik penarikan sampel penelitian ini adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik Partial Least Square (PLS) dengan bantuan program SmartPLS 3.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa akses pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Kesadaran wajib pajak berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Religiusitas berpengaruh signifikan terhadap kepatuhan wajib pajak. Religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh akses pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Religiusitas tidak mampu memoderasi pengaruh kesadaran wajib pajak terhadap kepatuhan wajib pajak. Berdasarkan hasil tersebut, diharapkan bagi pihak SAMSAT terus menggencarkan sosialisasi agar dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman sehingga kesadaran wajib pajak akan meningkat pula, lalu bekerjasama dengan pemuka agama dalam memberikan sosialisasi agar mendorong kepatuhan pajak pengikut agama tersebut, serta menambah unit pelayanan ke beberapa wilayah lagi. Bagi pemerintah diharapkan terus melakukan beragam upaya dengan cara terus memberikan stimulus berupa insentif dan juga mempertegas sanksi pajak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Claudia, Rega Citraregacitrac99@gmail.comG72218051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAristantia, Selvia Ekaselviaekaaristantia@gmail.com2030079304
Subjects: Pajak dan Perpajakan
Keywords: Akses pajak; kesadaran wajib pajak; kepatuhan wajib pajak; religiusitas.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Rega Citra Claudia
Date Deposited: 03 Apr 2022 07:23
Last Modified: 03 Apr 2022 07:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52643

Actions (login required)

View Item View Item