Peran K.H. Wahib Wahab dalam pergerakan Laskar Hizbullah di Jombang (1945-1947)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Musyafa', M. Hilmi (2022) Peran K.H. Wahib Wahab dalam pergerakan Laskar Hizbullah di Jombang (1945-1947). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
2222.pdf

Download (3MB)

Abstract

Sumber data diperolah melalui teknik observasi, wawancara, dokumentasi, dan telaah pustaka yang berkaitan dengan tokoh K.H. M. Wahib Wahab. Untuk Membantu melakukan analisis mengenai tokoh K.H. M. Wahib Wahab, peneliti menggunakan teori peranan oleh Ralph Linton. kesimpulan yang diambil dari keseluruhan penelitian antara lain, 1) K.H. M. Wahib Wahab adalah putra sulung K.H. Wahab Hasbullah, Tambakberas Jombang. Ia aktif di berbagai organisasi, yakni GPII, Ansor, dan juga dunia kemiliteran. 2) Laskar Hizbullah Jombang berdiri seminggu setelah proklamasi kemerdekaan, atas perintah K.H. Hasyim Asy’ari, dan K.H. M. Wahib Wahab ditunjuk menjadi komandan pasukan. 3) K.H. M. Wahib Wahab terjun ke medan perang bersama laskar hizbullah Jombang pada awal Desember 1945, untuk mempertahankan front Sidoarjo. Ia juga memprakarsai bergabungnya laskar hizbullah Jombang ke barisan Tentara Republik Indonesia (TRI). Saat menjabat sebagai komandan resimen 293 TNI Masyarakat Slag Orde Brigade 29 Devisi IV / Narotama, ia dan pasukannya mempertahankan sektor Surabaya Utara, Gresik dan Jombang Utara dari gempuran musuh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Musyafa', M. Hilmihilmimusyaffa21@gmail.comA02217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Jihad
Pesantren
Nasionalisme
Keywords: K.H. M. Wahib Wahab, Laskar Hizbullah, Resolusi Jihad
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Kebudayaan Islam
Depositing User: M. Hilmi Musyafa'
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:51
Last Modified: 06 Apr 2022 02:52
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52655

Actions (login required)

View Item View Item