Konseling islam dengan cognitive restructuring dalam mengatasi perilaku candu pujian pada remaja di Desa Pasinan Lemah Putih kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Herina, Yasmin (2022) Konseling islam dengan cognitive restructuring dalam mengatasi perilaku candu pujian pada remaja di Desa Pasinan Lemah Putih kecamatan Wringinanom Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yasmin Herina_B03218047.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses munculnya permasalahan candu pujian. Candu pujian merupakan suatu pola kepribadian yang menetap ditandai dengan adanya fantasi atau perilaku berlebihan terhadap kesuksesan, kekuatan, kecerdasan, kecantikan, dan cinta ideal, kebutuhan besar untuk dikagumi oleh orang lain serta kurangnya kemampuan untuk berempati. Dalam upaya pemberian bantuan tersebut maka peneliti menggunakan Konseling Islam dengan cognitive restructuring, dengan langkah-langkah diantaranya: 1) memahami pola pikir konseli dengan mengajak konseli relaksasi dengan membaca istighfar, 2)rasional, 3)identifikasi pikiran konseli, 4)pengenalan dan latihan coping thought, 5)pindah dari pikiran-pikiran negatif ke coping thought, 6)pengenalan dan latihan penguat positif, 7)tugas rumah dan tindak lanjut.Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan jenis penelitian studi kasus. Hasil akhir dari penelitian ini dapat dikatakan berhasil karena memenuhi kriteria individu yang sederhana. Dimana terdapat perubahan perilaku dari konseli sebelum dan sesudah dilakukannya intervensi ke arah yang baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Herina, Yasminyasminherina20@gmail.comB03218047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofiq, Arif Ainurarifainurrofiq@uinsby.ac.id2008087706
Subjects: Bimbingan Konseling
Islam
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Konseling Islam; Cognitive Restructuring; Candu Pujian.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: S. Sos Yasmin Herina
Date Deposited: 06 Apr 2022 02:29
Last Modified: 06 Apr 2022 02:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52662

Actions (login required)

View Item View Item