Pengaruh social support dan academic self efficacy terhadap self regulated learning pada mahasiswa tahun pertama di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ardytia, Hadriani (2022) Pengaruh social support dan academic self efficacy terhadap self regulated learning pada mahasiswa tahun pertama di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hadriani Ardytia_J71217123.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh social support dan academic self efficacy terhadap self regulated learning pada mahasiswa tahun pertama di UIN Sunan Ampel Surabaya. Self regulated learning merupakan kemampuan yang dibutuhkan mahasiswa agar dapat mengatur dan mengelola dirinya dalam proses belajar secara mandiri dan bertanggung jawab. Subjek penelitian ini merupakan mahasiswa tahun pertama di UIN Sunan Ampel Surabaya. Subjek berjumlah 320 mahasiswa diambil berdasarkan teknik proportionate stratified random sampling dari total populasi. Metode dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM). Hasil dari penelitian ini menunjukkan nilai R-Square variabel laten endogen sebesar 0,509 yang berarti variabel social support dan academic self efficacy memiliki pengaruh tehadap variabel self regulated learning sebesar 50,9%. Dengan demikian, hipotesis yang diajukan dalam penelitian ini diterima. Terdapat pengaruh positif signifikan dari social support dan academic self efficacy terhadap self regulated learning pada mahasiswa tahun pertama di UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ardytia, Hadrianiardytiahadriani@gmail.comJ71217123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuhid, Abdulabdulmuhid1975@gmail.com2005027501
Subjects: Psikologi
Psikologi > Self Regulated Learning
Keywords: Social support; academic self efficacy; self regulated learning; mahasiswa tahun pertama.
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Hadriani Ardytia
Date Deposited: 08 Apr 2022 02:07
Last Modified: 08 Apr 2022 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52671

Actions (login required)

View Item View Item