Komunikasi motivatif Nabi Muhammad dalam Perang Khandaq: analisis isi kuantitatif buku sirah Nabawiyah Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfuri

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Badrusshofa, Muhammad Najib (2021) Komunikasi motivatif Nabi Muhammad dalam Perang Khandaq: analisis isi kuantitatif buku sirah Nabawiyah Syaikh Shafiyurrahman Al-Mubarakfuri. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Najib Badrusshofa_B75217127.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini berisi tentang pesan dalam komunikasi motivatif yang dibangun oleh Nabi Muhammad dalam situasi Perang Khandaq. Peristiwa ini diceritakan dalam Buku Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri. Rumusan masalah penelitian ini adalah; 1) Bagaimana isi pesan dalam komunikasi motivatif yang dibangun Nabi Muhammad dengan umat Islam dalam Bab Perang Khandaq Buku Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri? 2) Bagaimana frekuensi isi pesannya. Untuk menjawab dua persoalan di atas, peneliti menggunakan metode penelitian analisis isi pada buku Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri, dengan pendekatan kuantitatif.Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa dalam Buku Sirah Nabawiyah karya Syaikh Shafiyyurrahman Al-Mubarakfuri Bab Perang Khandaq, komunikasi motivatif yang dibangun Nabi Muhammad membawa pesan penguatan perilaku (reinforcement) berisi pengetahuan atas konsekuensi positif sebesar 29,6%, dan negatif sebesar 7,4%. Peneliti merekomendasikan untuk penelitian selanjutnya, untuk penelitian yang berkaitan dengan sejarah agar menggunakan bahan literasi yang lebih lengkap sehingga datanya dapat digali lebih dalam dan akurat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Badrusshofa, Muhammad Najibmuhammadnajib.ofc@gmail.comB75217127
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSattar, Abdullah--2017126501
Subjects: Komunikasi Dalam Islam
Nabi Muhammad > Nabi Muhammad Kepemimpinan
Sejarah > Sejarah Islam
Keywords: Ilmu KOmunikasi; Komunikasi Motivatif; Perang Khandaq.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Muhammad Najib Badrusshofa
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:28
Last Modified: 08 Apr 2022 03:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52686

Actions (login required)

View Item View Item