Penerapan upah dan kesejahteraan pekerja di CV. Anugrah Jaya Mandiri prespektif pemikiran Yusuf Qardhawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Laily, Alfauzia Noer Rochmatul (2022) Penerapan upah dan kesejahteraan pekerja di CV. Anugrah Jaya Mandiri prespektif pemikiran Yusuf Qardhawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Alfauzia Noer Rochmatul Laily_G94217139.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian lapangan (field research) dan didukung dengan penelitian pustaka (library research). Sifat dari penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian diperiksa keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan metode.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan pengupahan di CV Anugrah Jaya Mandiri telah sesuai dengan akad kerja yang disepakati di awal antara pekerja dan perusahaan. Pembayaran upah yang dilakukan oleh perusahaan tidak pernah mengalami keterlambatan. Upah yang diberikan terdiri dari gaji pokok, tunjangan, bonus dan reward. Tujangan, bonus dan juga reward diberikan oleh perusahaan apabila pekerja dapat memenuhi kriteria yang telah ditentukan oleh perusahaan. Pekerja yang mengajukan resign secara mendadak, sesuai Standart Operating Procedure jika tidak melebihi tanggal yang ditentukan maka upah pekerja akan dianggap hangus. (2) Upah yang diterima oleh pekerja jauh dibawah Upah Minimum Kota, namun pekerja merasakan kesejahteraan dengan upah yang didapatkan. Upah yang didapat telah sesuai dengan prinsip pengupahan Yusuf Qardhawi, yaitu memperhatikan nilai kerja dan juga kebutuhan dari pekerja. Upah yang diberikan dapat digunakan untuk memenuhi kebutuan pekerja, ditambah dengan fasilitas yang diberikan oleh perusahaan. Kesejahteraan yang dirasakan oleh pekerja bukan hanya kesejahteraan secara meterial, namun juga kesejahteraan secara non material seperti kenyamanan dalam melakukan pekerjaan.Saran penelitian ini (1) Bagi perusahaan, penentuan upah yang dilakukan sudah baik namun hendaknya ditinjau ulang untuk jam operasional kerja agar tidak merugikan pekerja. (2) Hendaknya perusahaan menetapkan satu tanggal untuk pembagian upah agar tidak berganti – ganti setiap bulannya. (3) Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat mengembangkan lebih lanjut penelitian ini.
Diharapkan peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian lebih mendalam didukung dengan data terbaru dan pembahasan yang lebih luas agar mampu menggambarkan secara lebih jelas dan detail.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Laily, Alfauzia Noer Rochmatulalfauzia9204@gmail.comG94217139
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitrianto, Achmad Roomar.fitrianto@uinsby.ac.id197706272003121002
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kesejahteraan; Pengupahan; Yusuf Qardhawi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Alfauzia Noer Rochmatul Laily
Date Deposited: 10 Apr 2022 12:39
Last Modified: 10 Apr 2022 12:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52689

Actions (login required)

View Item View Item