Pengaruh pendampingan dan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatikah, Yanti Sindy (2022) Pengaruh pendampingan dan bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yanti Sindy Fatikah_D97217718.pdf

Download (2MB)

Abstract

Adanya kebijakan pemerintah untuk melaksanakan program belajar dari rumah dikarenakan adanya pandemi COVID-19 membuat orang tua semakin banyak terlibat dalam pendidikan anak. Keterlibatan orang tua dalam mendampingi dan membimbing anak selama proses pembelajaran daring sangat penting bagi terwujudnya prestasi belajar yang optimal.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) pengaruh pendampingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo. (2) Pengaruh bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo. (3) Pengaruh pendampingan dan bimbingan orang tua secara simultan (bersama-sama) terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo.Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif kuantitatif dengan metode penelitian Ex post facto. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang tua dari siswa kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan dokumentasi. Pengujian instrumen menggunakan uji validitas dan reliabilitas. Serta dilakukan uji prasyarat analisis (asumsi klasik). Pengujian hipotesis pertama dan kedua menggunakan analisis regresi linier sederhana, sedangkan pengujian hipotesis ketiga menggunakan analisis regresi linier berganda dan analisis koefisien determinasi (R2).Berdasarkan hasil analisis pada penelitian ini, diperoleh : (1) Terdapat pengaruh antara pendampingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang ditunjukkan dengan nilai t-hitung > t-tabel (3,693 > 2,028) dengan nilai signifikansinya < 0,05 (0,001 < 0,05). (2) Terdapat pengaruh antara bimbingan orang tua terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang ditunjukkan dengan nilai t-hitung > t-tabel (2,611 > 2,028) dengan nilai signifikansinya < 0,05 (0,013 < 0,05). (3) Terdapat pengaruh antara pendampingan dan bimbingan orang tua secara simultan (bersama- sama) terhadap prestasi belajar siswa selama mengikuti pembelajaran daring di kelas IV C MINU Ngingas Waru Sidoarjo yang ditunjukkan dengan nilai F-hitung > F-tabel (30,935 > 3,25) dengan nilai signifikansinya < 0,05 (0,000 < 0,05) dan diperoleh nilai koefisien determinasi (R2 ) sebesar 0,632.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatikah, Yanti Sindyyantisindy15@gmail.comD97217118
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSiraj, Taufiktaufiksiraj@uinsby.ac.id2002027303
Thesis advisorMas'ud, Sulthonsulthonmasud@yahoo.com2073091001
Subjects: Bimbingan
Belajar
Orang tua dan Anak
Keywords: Pendampingan Orang tua; Bimbingan Orang tua; Prestasi belajar.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yanti Sindy Fatikah
Date Deposited: 09 Apr 2022 00:00
Last Modified: 09 Apr 2022 00:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52706

Actions (login required)

View Item View Item