• Isra' Mi'raj perspektif Badi' Al-Zaman Said Nursi dan Relevansinya dalam pembaharuan Iman: tela'ah ayat Isra' Mi'raj dalam Kulliyyat Rasail al-Nur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mustikasari, Intan Pratiwi (2021) • Isra' Mi'raj perspektif Badi' Al-Zaman Said Nursi dan Relevansinya dalam pembaharuan Iman: tela'ah ayat Isra' Mi'raj dalam Kulliyyat Rasail al-Nur. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Intan Pratiwi Mustikasari_F02519167.pdf

Download (3MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: 1. Bagaimanakah penafsiran Said Nursi tentang ayat isra’ mi’raj, 2. Bagaimanakah nilai-nilai moderasi dan modern yang terdapat dalam penafsirannya, 3. Bagaimanakah relevansi antara hikmah isra’ mi’raj dan upaya pembaruan keimanan. Metode yang digunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan historical approach dan pisau analisa ilmu tafsir. Jenis teknik pengumpulan data adalah dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh kesimpulan sebagai berikut: 1, Dalam menjelaskan ayat, Said Nursi memperhatikan aspek munasabah ayat (surat al-Isra’ ayat 1 dan surat al-Najm ayat 18), sisi balaghah dalam kata ganti (إنّه) dan kaitannya dengan asma’ul husna dalam ayat pertama surat al-Isra’ sehingga kata ganti tersebut bisa kembali kepada Allah SWT maupun Rasulullah SAW. 2, nilai-nilai moderasi dan modern dalam penafsirannya terlihat dari pendapatnya yang tidak memihak pada satu madzhab tertentu dalam penafsiran, tidak membahas masalah yang sering menuai perdebatan, dan fokus pada pemahaman hakikat, menggunakan qiyas atau permisalan dengan kejadian nyata untuk menjelaskan sesuatu yang abstrak, dan memberikan pemahaman yang logis dengan argumen-argumen ilmiah modern. 3, relevansi penafsirannya dengan upaya pembaharuan iman terlihat dalam tujuan penafsiran yakni dakwah akan kebenaran dan keagungan kalimat (لا إله إلا الله) melalui peristiwa isra’ mi’raj yang mana kalimat tersebut bila diyakini dengan pasti dan diucapkan dengan sungguh dapat menjadi wasilah untuk memperbaruhi keimanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mustikasari, Intan Pratiwiintanpmustikasari0964@gmail.comF02519167
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNasir, Ridlwanm.ridlwannasir@gmail.com2017085003
Thesis advisorArif, Mohammadarifradhi18@gmail.com102101811126130
Subjects: Iman Kepada Allah
Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Said nursi; Isra' mi'raj; sains; iman.
Divisions: Program Magister > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: INtan Pratiwi Mustikasari
Date Deposited: 08 Apr 2022 03:00
Last Modified: 08 Apr 2022 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52733

Actions (login required)

View Item View Item