Konsep Imamah dalam Teologi Syi'ah perspektif Tafsir Al-Qummi: telaah surah Al-Baqrah Ayat 256

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizaldi, Muhammad (2022) Konsep Imamah dalam Teologi Syi'ah perspektif Tafsir Al-Qummi: telaah surah Al-Baqrah Ayat 256. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Rizaldi _E03217036.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penulis memilih tema ini karena kecenderungan al-Qummi yang memiliki pandangan bahwa Alquran yang beredar saat ini telah mengalami taḥrif dan tabdil (perubahan). Mengenai ini, al-Qummi sebagaimana beberapa ulama Syi’ah yang lain berpendapat bahwa Alquran yang dimiliki oleh Ali dan ahl al-bayt lebih lengkap dan tidak sama dengan Alquran yang ada hari ini. Dalam perspektif al-Qummi, ada bagian dalam Alquran yang sengaja direduksi oleh kelompok Sunni berkaitan dengan ayat-ayat yang berkenaan dengan ahl al-bayt dan Ali sebagai pengganti Rasulullah. Masalah yang di teliti dalam penelitian ini adalah 1. bagaimana konsep imamah perspektif al-Qummi 2. Bagaimana konsep imamah menurut al-Qummi dalam penafsiran Surah al-Baqarah Ayat 256. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1 Mengetahui konsep ima>mah menurut al-Qummi. 2. Mengetahui konsep Ima>mah menurut al-Qummi dalam penafsiran Surat al-Baqarah ayat 256. Dalam menjawab permasalahan tersebut, penelitian yang bersifat kepustakaan (library research) ini menggunakan metode deskriptif dan metode tahlili (analitis), yaitu menggambarkan atau menjelaskan penafsiran al-Qummi dalam surah Al-Baqarah, dan kemudian dikuatkan dengan dengan penafsiran ahli tafsir lainnya.Kesimpulan dari penelitian ini adalah Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa apa yang ditafsirkan oleh al-Qummi merepresentasikan suatu kecenderungan untuk menguatamakan Ali dan keturunannya sebagai pemimpin yang sah dan layak diimani. Representasi ini hadir berdasarkan takwil yang memiliki makna selaras dengan ideologi Syi’ah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizaldi, MuhammadRizaldimohammed6@gmail.comE03217036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBakar, Abuabubakaryamani@yahoo.com197304041998031006
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: al-Qummi; Imamah; al-baqarah.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: Muhammad Rizaldi
Date Deposited: 12 Apr 2022 14:17
Last Modified: 12 Apr 2022 14:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52749

Actions (login required)

View Item View Item