Analisis hukum Islam terhadap jual beli produk kosmetik tiruan di aplikasi Shopee

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Dina Novita (2022) Analisis hukum Islam terhadap jual beli produk kosmetik tiruan di aplikasi Shopee. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dina Novita Sari_C92218125.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan. Data diperoleh dari observasi, wawancara dan dokumentasi pelaku usaha kemudian diselaraskan dengan literasi berbasis buku, jurnal, website dan skripsi untuk memenuhi jawaban rumusan masalah. Data dianalisis dengan menggunakan metode analisis deskriptif pada praktik jual beli produk kosmetik tiruan di aplikasi Shopee, dengan pola pikir deduktif yaitu mendeskripsikan praktik jual beli produk kosmetik tiruan di aplikasi Shopee kemudian dianalisis dengan hukum Islam. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa; pertama, dalam praktik jual beli produk kosmetik tiruan di aplikasi Shopee, informasi yang diberikan penjual tidak jelas di deskripsi barang, sehingga pembeli tidak bisa mengetahui kualitas barang sebelum sampai. Dalam praktik jual beli ini, pembelilah yang merasa dirugikan karena penjual menyembunyikan kualitas kosmetik yang dijual tidak sama dengan kosmetik aslinya. Kedua, analisis hukum Islam dalam akad jual beli tersebut memiliki unsur rukun yang sah. Namun syarat objek barang tidak terpenuhi karena penjual tidak menjelaskan secara jujur kualitas barang kosmetik tiruan tersebut. Dalam kitab Bidayah al-Mujtahid wa Nihayah al-Muqtasid juga menjelaskan bahwa Islam melarang jual beli yang merugikan orang lain. Jadi hukum jual beli tersebut adalah fasad karena merugikan pihak lain dan bisa membahayakan kesehatan kulit dari pihak pembeli. Sejalan dengan kesimpulan diatas, pertama penulis menyarankan penjual agar jujur terhadap kualitas barang yang di jualnya supaya pembeli tidak merasa tertipu. Kedua, penulis menyarankan pembeli agar lebih teliti ketika memilih barang di Shopee serta tidak tergoda dengan harga murah dan apabila pembeli ingin membeli kosmetik secara Online sebaiknya pembeli memilih toko yang berlogo mall atau star seller yang memiliki riview bagus dari pembeli lainnya agar tidak mendapatkan produk tiruan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Dina Novitadinaanovitaasarii@gmail.comC92218125
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muhmsholihuddin@uinsby.ac.id2025077701
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Jual Beli
Keywords: Jual beli; kosmetik tiruan; aplikasi shoope.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Dina Novita Sari
Date Deposited: 10 Apr 2022 17:58
Last Modified: 10 Apr 2022 17:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52751

Actions (login required)

View Item View Item