Konseling Islam dengan Teknik Self-Contracting untuk mengatasi perilaku Nomophobia pada seorang remaja akibat Era Pandemi Covid-19 di Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Alghifari, Ahmad Septian (2022) Konseling Islam dengan Teknik Self-Contracting untuk mengatasi perilaku Nomophobia pada seorang remaja akibat Era Pandemi Covid-19 di Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Septian Alghifari_B93218124.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini berfokus pada proses serta hasil dalam pelaksanaan konseling islam dengan teknik self-contracting untuk mengatasi perilaku nomophobia pada seorang remaja akibat era Covid-19 di Desa Sekapuk Ujungpangkah Gresik. Untuk memperoleh jawaba dari focus tersebut, Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif dengan pendekatan Studi Kasus. Data diperoleh dengan wawancara serta observasi secara langsung. Data dianalisis dengan analisis deskripstif komparatif.
Simpulan penelitian ini, dihasilkan bahwa pada diri konseli terdapat perubahan. Konseli mampu mereduksi dan mengurangi dampak negative yang dihasilkan dari perilaku berlebihan terhadap gadget atau nomophobia. Layanan Konseling Islam yang diberikan berpijak dan berdasar pada ayat Al Qur’an yakni surah Al A’raf pada ayat 31, Surah Al Ma’un ayat 4-5, dan juga surah Al Isra’ ayat 27. Kemudian, dihubungkan dengan teknik self-contracting, yang dilakukan dengan menilai, mencatat, menyepakati dalam diri untuk mencapai target yang diinginkan konseli.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Alghifari, Ahmad Septianalghifariahmadseptian0809@gmail.comB93218124
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusagus.santoso@uinsby.ac.id2025087001
Subjects: Bimbingan Konseling
Candu
Remaja, Gaya hidup
Keywords: Konseling Islam; Teknik Self-Contracting; dan Nomophobia
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Ahmad Septian Alghifari
Date Deposited: 22 Apr 2022 01:46
Last Modified: 22 Apr 2022 01:46
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52753

Actions (login required)

View Item View Item