Upaya guru pendidikan agama islam dalam menerapkan budaya sekolah untuk membentuk karakter peserta didik melalui kurikulum 2013 di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Kholidah, Diana Safrina (2022) Upaya guru pendidikan agama islam dalam menerapkan budaya sekolah untuk membentuk karakter peserta didik melalui kurikulum 2013 di SMAN 1 Gedangan Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Diana Safrina Kholidah_D01218016.pdf

Download (1MB)

Abstract

Permasalahan rendahnya karakter yang dimiliki oleh remaja saat ini bukan lagi hal biasa yang sering ditemui dikehidupan sehari-hari. Baik di lingkungan sekolah maupun masyarakat. berbagai solusi dilakukan oleh sekolah SMAN 1 Gedangan Sidoarjo untuk mengatasi masalah rendahnya karakter remaja. Sekolah SMAN 1 Gedangan mempunyai budaya sekolah ciri khas yang diterapkan dengan melibatkan guru PAI dalam membentuk karakter siswa. Rumusan masalah penelitian ini, meliputi: 1) Bagaimana karakter yang dibentuk oleh guru PAI SMAN 1 Gedangan Sidoarjo 2) Bagaimana upaya guru PAI dalam menerapan budaya sekolah untuk membentuk karakter peserta didik melalui kurikulum nasional di SMAN 1 Gedangan SidoarjoPenelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data yagn digunakan berupa observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data menggunakan Analysis Interactive Model dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) karakter yang dibentuk oleh guru PAI ada enam karakter yaitu: berbudi luhur, kejujuran, kedisiplinan, intelektualis, humanis, toleransi. 2) upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam menerapkan budaya sekolah untuk membentuk karakter siswa yaitu dengan menggunakan metode pembelajaran student center seperti group teaching, tutor sebaya, kontekstual teaching, pemberian tugas yang berisfat penalaran dan penguatan kegiatan spiritual dalam proses pembelajaran., adapun faktor pendukung dan penghambat dalam menjalankan upaya ini, diantaranya: faktor pendukung dari kemampuan akademik siswa, sarana dan prasarana yang memadai, kegiatan pembentukan karakter, organisasi pendukung, anggaran dana pemerintah. Dan faktor penghambatnya dari internal kepribadian siswa meliputi perekonomian siswa atau dari keluarga yang broken home, kurangnya kesadaran diri guru dan ssiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Kholidah, Diana Safrinadianasafrina86@gmail.comD01218016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Subjects: Budaya - Agama
Pendidikan Islam
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Guru PAI; Budaya Sekolah; karakter.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Diana Kholidah
Date Deposited: 10 Apr 2022 18:48
Last Modified: 10 Apr 2022 18:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52762

Actions (login required)

View Item View Item