Hubungan antara Body Image dengan Penerimaan Diri (Self-Acceptance) pada Korban Body Shaming

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitroh, Dwi Zuhrotul (2022) Hubungan antara Body Image dengan Penerimaan Diri (Self-Acceptance) pada Korban Body Shaming. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dwi Zuhrotul Fitroh_J71217060.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adakah hubungan antara Body image dan penerimaan diri (Self acceptance) pada korban body shaming. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif korelasional dengan menggunakan teknik pengumpulan data berupa skala body image dan skala penerimaan diri. Subjek penelitian berjumlah 120 orang yang terdiri dari mahasiswa dan mahasiswi Universitas Negeri Sunan Ampel Surabaya yang memiliki pengalaman pernah menjadi korban body shaming. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan jenis kuota sampling. Uji hipotesis yang digunakan yakni uji correlation product moment pearson dengan bantuan SPSS ver 16. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan secara signifikan antara body image dan penerimaan diri pada korban body shaming dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti kurang dari 0,05 serta koefisien korelasi sebesar 0,558. Dapat disimpulkan bahwa korelasi bersifat positif, artinya semakin tinggi body image individu maka akan semakin tinggi pula penerimaan dirinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitroh, Dwi Zuhrotuldwizahrotulfifit@gmail.comJ71217060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIEDRosyidi, Hamimhamimrosyidi@gmail.com196208241987031002
Subjects: Kepribadian
Psikologi
Psikologi Sosial
Keywords: Body image; penerimaan diri; body shaming
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Dwi Zuhrotul Fitroh
Date Deposited: 12 Apr 2022 00:38
Last Modified: 12 Apr 2022 00:38
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52764

Actions (login required)

View Item View Item