Strategi dan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengoptimalkan kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa di SMAN 1 Gedangan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ismatulloh, Ani (2022) Strategi dan peran guru Pendidikan Agama Islam dalam mengoptimalkan kecerdasan Emosional (EQ) dan Kecerdasan Spiritual (SQ) Siswa di SMAN 1 Gedangan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ani Ismatulloh_D91218121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Guru pendidikan agama Islam (PAI) memiliki peran yang sangat penting dalam mengoptimalkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa di SMAN 1 Gedangan. Agar memahami lebih dalam mengenai hal tersebut, maka penelitian ini akan mengkaji strategi dan pendekatan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mewujudkan perannya untuk mengoptimalkan kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) serta upaya yang dilakukan guru pendidikan agama Islam (PAI) dalam mengatasi problem terkait kecerdasan emosional (EQ) dan kecerdasan spiritual (SQ) siswa di SMAN 1 Gedangan. Adapun metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan ialah melalui observasi, wawancara (interview), dan dokumentasi.Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa guru pendidikan agama Islam (PAI) menggunakan pendekatan persuasif, yakni mengajak siswa untuk meningkatkan kecerdasan emosional (EQ) dan spiritual yang dimiliki melalui kegiatan IMTAQ. Strategi yang dilakukan adalah dengan melakukan kegiatan kultum pagi setiap hari Jumat, istighosah bersama, tadarus al-Quran, dan sholah duha berjamaah. Hal ini dapat melatih mental dan kedisiplinan siswa. Pendekatan yang kedua ialah pendekatan edukatif, yakni melalui kegiatan pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam (PAI). Upaya yang dilakukan oleh guru PAI dalam mengatasi permasalahan terkait emotional quotient (EQ) dan spiritual quotient (SQ) siswa di SMAN 1 Gedangan adalah melalui kerjasama dengan guru BK di sekolah. Guru PAI melakukan analisis terhadap permasalahan yang dialami siswa, kemudian mencari solusi bersama siswa dan guru BK agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ismatulloh, Anianiismatullah2@gmail.comD91218121
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Thesis advisorRubaidi, Rubaidi--2010067101
Subjects: Guru
Kecerdasan
Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Strategi dan Peran Guru PAI; Kecerdasan Emosional; Kecerdasan Spiritual.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ani Ismatulloh
Date Deposited: 11 Apr 2022 02:06
Last Modified: 11 Apr 2022 02:06
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52769

Actions (login required)

View Item View Item