Konseling kelompok berbasis behavior contract untuk meningkatkan disiplin anggota pramuka saat pandemi di UIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fikri, Muhammad Gilang Kanzul (2021) Konseling kelompok berbasis behavior contract untuk meningkatkan disiplin anggota pramuka saat pandemi di UIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Gilang Kanzul Fikri_B93216089 ok.pdf

Download (1MB)

Abstract

Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah bagaimana proses dan hasil pelaksanaan Kelompok Berbasis Behavior Contrct Untuk Meningkatkan Disiplin Pada Anggota Pramuka Saat Pandemi di UIN Sunan Ampel Surabaya.Untuk menjawab permasalahan diatas peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus, dan menganalisis dengan teknik analisis framing melalui konsep Robert N. Entman. Data yang dikumpulkan, diolah, kemudian dianalisis melalui empat tahap yaitu 1) mendefinisikan masalah 2) memperkirakan penyebab masalah 3) membuat keputusan moral 4) menekankan penyelesaian. Konseling kelompok yang diterapkan melalui kaidah konseling kelompok pada umumnya yaitu melalui 6 tahap, diantaranya : 1) tahap pra konseling 2) tahap awal konseling 3) tahap peralihan 4) tahap inti konseling 5) tahap pengakhiran 6) tahap tindak lanjut. Sedangkan behavior contract sebagai treatment yang digunakan terletak pada inti konseling. Hasil dari kegiatan konseling yang diterapkan untuk meningkatkan disiplin membawa perubahan sikap yang positif pada konseli. Ditunjukkan dengan hadir rapat tepat waktu, menyelesaikan tugas yang diberikan sesuai dengan tenggat waktu yang tersedia, aktif dalam persiapan, kegiatan dan setelah kegiatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fikri, Muhammad Gilang Kanzulmuhammadgilang17@gmail.comB93216089
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abd.UNSPECIFIED2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Disiplin Sekolah
Keywords: Konseling kelompok; behavior contact; disiplin
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Muhammad Gilang Kanzul Fikri
Date Deposited: 09 Sep 2022 08:44
Last Modified: 09 Sep 2022 08:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52782

Actions (login required)

View Item View Item