Identifikasi Morfologi, Kelimpahan dan Polimer Mikroplastik pada Air, Sedimen dan Daging Ikan (Mystus nigriceps, Moolgarda seheli dan Chanos chanos) di Tiga Muara Bengawan Solo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizqiyah, Ziadatur (2022) Identifikasi Morfologi, Kelimpahan dan Polimer Mikroplastik pada Air, Sedimen dan Daging Ikan (Mystus nigriceps, Moolgarda seheli dan Chanos chanos) di Tiga Muara Bengawan Solo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ziadatur Rizqiyah_H91218059.pdf

Download (3MB)

Abstract

Bengawan Solo memiliki peran penting dalam kehidupan masyarakat untuk memenuhi kebutuhan domestik, irigasi pertanian, perikanan dan juga pariwisata. Keberadaan plastik di bengawan Solo menyebabkan penumpukan sampah plastik di muara bengawan Solo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui morfologi, kelimpahan dan polimer mikroplastik pada sampel air, sedimen dan daging ikan (Mystus nigriceps, Moolgarda seheli dan Chanos chanos) yang diambil dari tiga Muara Bengawan Solo. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik purposive rundom sampling. Identifikasi sampel mikroplastik menggunakan mikroskop stereo trinokuler untuk mengetahui morfologi mikroplastik yaitu jenis dan warna mikroplastik. Analisis FTIR untuk mengetahui polimer mikroplastik. Morfologi jenis partikel mikroplastik air, sedimen dan daging ikan (Mystus nigriceps, Moolgarda seheli dan Chanos chanos) di tiga muara bengawan Solo terdapat tiga yaitu fiber, film dan fragmen. Morfologi warna partikel mikroplastik pada air, sedimen dan daging ikan (Mystus nigriceps, Moolgarda seheli dan Chanos chanos) di tiga muara bengawan Solo yaitu, warna merah, putih, biru, hitam, ungu dan coklat. Kelimpahan mikroplastik pada air tertinggi di muara kesatu yaitu 0,61 partikel/gram. Kelimpahan mikroplastik pada sedimen tertinggi di muara kedua 0,96 partikel/gram. Kelimpahan tertinggi mikroplastik pada ikan keting di muara ketiga sebanyak 2,1 partikel/gram. Ikan belanak jumlah kelimpahan mikroplastik di muara kesatu dan kedua sebanyak 1,8 partikel/gram. Kelimpahan tertinggi ikan bandeng di muara kesatu sebanyak 1,4 partikel/gram. Hasil analisis FT-IR mikroplastik pada air, sedimen dan daging ikan (Mystus nigriceps, Moolgarda seheli dan Chanos chanos) di tiga muara bengawan Solo ditemukan polimer mikroplastik jenis polyester, polyethelene terephalate, dan polypropylene.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizqiyah, Ziadaturqiah07@gmail.comH91218059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAgustina, Evaeva_agustina@uinsby.ac.id2030088901
Thesis advisorHadi, Moch. Irfanm_i_h@uinsby.ac.id0824048601
Subjects: Biologi
Keywords: Mikroplastik; air; sedimen; ikan dan tiga muara bengawan Solo.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Biologi
Depositing User: Ziadatur Rizqiyah
Date Deposited: 12 Apr 2022 16:28
Last Modified: 12 Apr 2022 16:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52787

Actions (login required)

View Item View Item