Sejarah pondok pesantren Tegalsari Ponorogo pasca Kiai Hasan Besari Tahun 1862-1964 M

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Shiddiq, Mohammad Alwi (2022) Sejarah pondok pesantren Tegalsari Ponorogo pasca Kiai Hasan Besari Tahun 1862-1964 M. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mohammad Alwi Shiddiq_A72218061.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan library research dengan metode penelitian yang digunakan adalah metode sejarah yang menerapkan empat tahap yakni heuristik, kritik, interpretasi, dan historiografi. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan sejarah dan sosiologi. Pendekatan sejarah digunakan untuk mengungkap sejarah dan perkembangan dari pondok pesantren Tegalsari, sedangkan pendekatan sosiologi digunakan untuk mengetahui kehidupan sosial dari Kiai Hasan Besari dan kiai penerusnya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori continuity and change dan teori peran. Kedua teori tersebut berguna untuk mengetahui perkembangan Pondok Pesantren Tegalsari serta peran yang dilakukan kiai-kiai pasca Kiai Hasan Besari. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, dapat diketahui bahwa (1) Pondok Pesantren Tegalsari didirikan oleh Kiai Muhammad Besari sekitar tahun 1742 M dan mengalami kemajuan saat masa Kiai Hasan Besari, (2) Pondok Pesantren Tegalsari pasca Kiai Hasan Besari pada tahun 1862 mengalami banyak perkembangan sampai kiai terakhir Kiai Alyunani tahun 1964 M, (3) Kondisi Pondok Pesantren Tegalsari pasca Kiai Hasan Besari mengalami kemunduran dengan berbagai faktor, aspek, serta dampak terhadap lingkungan Tegalsari sendiri, masyarakat, maupun adanya lembaga kepesantrenan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Shiddiq, Mohammad Alwishiddiqalwi@gmail.comA72218061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukarma, Sukarmafahmy_abdoeh@yahoo.co.id2028106301
Thesis advisorSusanto, Dwidwi.uinsa@gmail.com2021127702
Subjects: Pesantren
Keywords: Pondok pesantren tegalsari; Kiai Hasan Besari, kiai penerus
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Mohammad Alwi Shiddiq
Date Deposited: 18 Apr 2022 02:57
Last Modified: 18 Apr 2022 02:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52791

Actions (login required)

View Item View Item