Pengembangan Modul Eksplorasu diri sebagai Media Konseling untuk membangun kematangan emosi pada remaja awal

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Permatasari, Karin Sufi (2022) Pengembangan Modul Eksplorasu diri sebagai Media Konseling untuk membangun kematangan emosi pada remaja awal. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Karin Sufi Permatasari_B73218091.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian merupakan suatu proses pengembangan modul eksplorasi diri sebagai media konseling dalam membangun kematangan emosi pada remaja awal dan hasil pengembangan modul eksplorasi diri sebagai media konseling dalam membangun kematangan emosi pada remaja awal. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan penyajian data kuantitatif yang didapatkan melalui pengumpulan data berupa observasi, kuesioner dan wawancara. Terdapat 7 tahapan yang telah dilakukan oleh peneliti potensi dan masalah, pengumpulan data atau informasi, desain produk, validasi desain, perbaikan desain, uji coba produk, revisi produk, uji coba pemakaian dan hasil penggunaan produk.Kesimpulannya modul eksplorasi diri layak digunakan sebagai media konseling yang bertujuan untuk membangun kematangan emosi pada remaja awal. Kematangan emosi sendiri merupakan suatu kemampuan untuk menanggapi situasi secara krisis sebelum emosi mengambil alih sehingga perpindahan antara emosi satu dengan lainnya tidak terlalu cepat. Sedangkan teknik bibliotherapy menggunakan buku bacaan yang dapat membantu konseli untuk mengungkapkan dan menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan emosi, perilaku maupun kognitif. Sehingga terdapat 3 aspek yang akan dicapai dengan modul eksplorasi diri ini yakni aspek kognitif, behavior dan afektif. Hal tersebut dapat dilakukan dengan mengidentifikasi dan mengeksplorasi keyakinan terhadap masalah yang dihadapi, tujuannya agar tidak hanya timbul suatu kelegaan dan perilaku yang bersifat sementara. Selain itu, bibliotherapy dapat membantu konseli mengidentifikasi emosi yang lebih rasional dan sesuai dengan kondisi lingkungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Permatasari, Karin SufiB73218091@uinsby.ac.idB73218091
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMierrina, Mierrinasignal2mandiri@gmail.com2013046803
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: modul eksplorasi diri sebagai media konseling; kematangan emosi; remaja awal.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: S.Sos Karin Sufi Permatasari
Date Deposited: 14 Apr 2022 21:51
Last Modified: 14 Apr 2022 21:51
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52802

Actions (login required)

View Item View Item