Konseling Islam dengan Teknik Solution Focused Brief Therapy untuk meningkatkan Self Awareness seorang mahasiswi di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tambunan, Abdul Haris (2022) Konseling Islam dengan Teknik Solution Focused Brief Therapy untuk meningkatkan Self Awareness seorang mahasiswi di Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Haris Tambunan_B43218049.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus, Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi yang melibatkan konseli dan orang terdekatnya. Kemudian untuk mengetahui proses dan hasil data, data yang terkumpul dianalisa menggunakan analisis deskriptif komparatif.Pelaksanaan proses konseling penelitian ini mengikuti tahapan dalam Solution Focused Brief Therapy, yaitu: 1. Menetapkan tujuan konseli, 2. Menskalakan masalah konseli, 3. Menggali potensi konseli, 4. Memberikan pekerjaan rumah, 5. Menetapkan komitmen konseli. Dimana dengan pendekatan ini, konseli diharapkan mampu mengoptimalkan potensi diri dan berhasil meningkatkan Self Awareness nya.Penelitian ini bisa disimpulkan berhasil. Hal ini bisa diperhatikan dari peningkatan pada indikator Self Awareness konseli. Setelah melewati berbagai proses konseling, konseli merasa dan mengalami Self Awareness nya membaik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tambunan, Abdul Harisalhartalmujaddidin1903@gmail.comB53218049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSantoso, Agusagus.santoso@uinsby.ac.id2025087001
Subjects: Dakwah > Dakwah, Psikologi
Kepribadian
Keywords: Solution Focused Brief Therapy; Self Awareness; konseling islam.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: abdul haris tambunan
Date Deposited: 14 Apr 2022 04:55
Last Modified: 14 Apr 2022 04:55
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52806

Actions (login required)

View Item View Item