Pemberdayaan anggota Fatayat NU melalui optimalisasi pekarangan guna meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi covid-19 di Dusun Tunjungkidul Desa Tunjung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ferina, Ferina (2022) Pemberdayaan anggota Fatayat NU melalui optimalisasi pekarangan guna meningkatkan ketahanan pangan di masa pandemi covid-19 di Dusun Tunjungkidul Desa Tunjung Kecamatan Udanawu Kabupaten Blitar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ferina_B92217061.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pemberdayaan anggota Fatayat NU Ranting Tunjung dalam pemanfaatan pekarangan sebagai alternatif untuk meningkatkan ketahanan pangan, serta mencegah kemungkinan terjadinya krisis pangan di masa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan adalah metode ABCD (Asset Based Community Development), yang berfokus pada pengembangan aset dan potensi masyarakat. Terdapat empat tahapan yang digunakan oleh peneliti, yakni discovery, dream, design, dan destiny. Keempat proses ini bertujuan untuk menemukenali aset dan potensi, harapan, serta pengembangan aset tersebut untuk mencapai tujuan bersama. Strategi yang digunakan dalam proses pemberdayaan ini adalah melakukan edukasi pentingnya pemanfaatan pekarangan dan optimalisasinya sebagai sumber pangan mandiri untuk meningkatkan ketahanan pangan, serta menjadi alternatif dalam mencegah kemungkinan terjadinya krisis pangan di masa pandemi Covid-19. Sekaligus sebagai sarana pengembangan skill kewirausahaan anggota Fatayat NU Ranting Tunjung. Program aksi yang dilakukan adalah kegiatan edukasi pekarangan, penanaman sayur organik, serta pengolahan hasil tanam sayur menjadi sebuah produk. Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah leaky bucket. Dari hasil penelitian yang dilakukan, terdapat perubahan yang terjadi, di antaranya adalah kelompok menyadari aset dan potensi yang dimiliki, berkembangnya skill kewirausahaan, dan meningkatnya rasa kekeluargaan antar anggota.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ferina, Ferinarinaf3982@gmail.comB92217061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Pemberdayaan
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pemberdayaan masyarakat; aset Dusun Tunjungkidul; optimalisasi pekarangan; Fatayat NU Ranting Tunjung.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ferina Ferina
Date Deposited: 14 Apr 2022 02:26
Last Modified: 14 Apr 2022 02:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52818

Actions (login required)

View Item View Item