Rational emotive behavior therapy untuk mengatasi kecemasan pada istri yang ingin nikah sah di Desa Bangeran Lebak Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maulah, Tsaniyah Rohmatil (2022) Rational emotive behavior therapy untuk mengatasi kecemasan pada istri yang ingin nikah sah di Desa Bangeran Lebak Kecamatan Dukun Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsaniyah Rohmatil Maulah_B03218046.pdf

Download (1MB)

Abstract

Proses munculnya kecemasan yang dialami oleh konseli adalah yang dipengaruhi oleh kegagalan konseli dimasa lalu dalam membina rumah tangga, selain itu kecemasan konseli timbul karena kekhawatiran konseli yang memiliki suami suka KDRT. Sehingga kecemasan tersebut beruba menjadi keyakinan irasional yang dimiliki oleh konseli dalam menjalani kehidupan pernikahannya. Secara tidak langsung hal tersebut memberikan dampak negatif dalam kehidupannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif dan menggunakan jenis penelitian studi kasus untuk mengkaji secara intensif fenomena yang terjadi pada salah satu keluarga di Desa Bangeran Lebak terkait kecemasan yang dialami oleh seorang istri akibat rasa takut yang berlebihan terhadap pernikahan. Dampak dari penerapan konseling ditandai dengan perubahan positif konseli. Jika sebelum konseling, konseli mengalami percaya diri rendah seperti menutup diri, maka setelah penerapan konseling, konseli menjadi lebih terbuka dibuktikan dengan konseli yang mau membagi cerita dnegan temannya. jika sebelum konseling, konseli mengalami overthingking, maka setelah penerapan konseling, konseli menjadi lebih berfikir positif. Selain itu jika sebelum konseling, konseli mengalami patah semangat, maka setelah pemberian konseling didapatkan konseli merasa lebih optimis dalam menjalani hidup.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maulah, Tsaniyah Rohmatiltsaniyahrohmatil23@gmail.comB03218046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBasyid, Abdabdulbasyid95@yahoo.co.id2001096001
Subjects: Bimbingan Konseling
Keywords: Rational emotive behavior therapy; kecemasan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Unnamed user with email tsaniyahrohmatil23@gmail.com
Date Deposited: 15 Apr 2022 04:16
Last Modified: 15 Apr 2022 04:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52837

Actions (login required)

View Item View Item