Studi komparasi konsep mahabbah Jalaluddin Rumi dan terapi Segitiga Cinta Emha Ainun Najib

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Suwari, Putri Retno Ayu (2022) Studi komparasi konsep mahabbah Jalaluddin Rumi dan terapi Segitiga Cinta Emha Ainun Najib. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Putri Ayu Retno Suwari_E07127016.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas konsep Mahabbah atau cinta yang diambil dari Maulanan Jalaluddin Rumi dan Teori Segitiga cinta Emha Ainun Nadjib . Dalam skripsi ini menjelaskan yang pertama apa konsep Cinta, kedua Mengetahui persamaan serta perbedaan dari Konsep Mahabbah Rumi maupun segitiga cinta Emha Ainun Nadjib. Dalam skripsi ini penulis menggunakan metodologi deskriptif kualitatif komparatif dengan menggunakan penelitian pustaka dengan tujuan untuk memperkuat argumentasi penulis dengan literatur-literatur yang telah ada sebelumnya baik berupa buku, jurnal, maupun skripsi yang telah diteliti sebelumnya. Dari hasil penelitian ini penulis mendapatkan beberapa poin kesamaan dan perbedaan konsep cinta oleh Rumi dan terapi segitiga cinta Emha sendiri yang mendeskripsikan cinta dengan hubungan spiritualnya dengan Tuhan dan terapi segitiga cinta sendiri adalah teknik praktek hati yang mana apabila melakukan terapi ini hati akan mudah merasakan kedamaian yang luar biasa, kebahagiaan tanpa syarat (Unconditional Happines), yang kemudia bisa menimbulkan vibrasi dan resonansi pada hati orang yang anda tuju, sehingga efek kebahagiaan cenderung dapat dirasakan oleh orang tersebut. namun dibalik perbedaan latar belakang ini konsep mahabbah Rumi dan terapi segitiga cinta mempunyai satu kesamaan yang bisa ditarik yakni tentang sebuah Cinta kepada Sang Khaliq. Kita mempelajari bahwa sesungguhnya yang terjadi pada Segitiga Cinta adalah pertama shalawat itu tidak menuhankan Muhammad dan kedua shalawat tidak menganggap Muhammad adalah anak Tuhan. Dititik atas ada Allah, dititik kanan ada Muhammad dan di titik kiri ada kaum muslimin. Masing-masing titik itu disambungkan oleh garis sedemikian rupa sehingga terbentuk segitiga, dan segitiga itu akan bermuatan cinta sehingga bisa disebut Segitiga Cinta.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Suwari, Putri Retno Ayuretnop626@gmail.comE07217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYazid, Syaifullohkenzie102013@gmail.com20207906
Subjects: Psikoterapi > Psikoterapi Islam
Tasawuf
Keywords: Konsep mahabbah; Jalaluddin Rumi; terapi Segitiga Cinta; Emha Ainun Najib
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: putri ayu retno suwari
Date Deposited: 06 Jul 2022 08:39
Last Modified: 06 Jul 2022 08:39
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52842

Actions (login required)

View Item View Item