أنواع حروف الجر ومعانيها في كتاب المبادئ الفقهيه لشيخ عمر عبد الجبار ( دارسة نحوي )

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Agustin, Riski Dwi (2022) أنواع حروف الجر ومعانيها في كتاب المبادئ الفقهيه لشيخ عمر عبد الجبار ( دارسة نحوي ). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Riski Dwi Agustin_A01217037.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Macam-macam huruf jer dalam kitab “ mabadiul fiqh “ karya Al-syikh umar abdul jabar ( kajian ilmu nahwu ). Dalam tata bahasa Arab, kata (kalimat dalam bahasa arab) sebagai satuan terkecil bahasa, sebagaimana dalam bahasa yang lain dapat dikelompokan menjadi tiga macam; yang pertama isim, kemudian fi’il dan yang terakhir huruf. Yang kemudian dapat lebih muda untuk dipelajari namun, penulis dalan hal ini hanya akan sedikit membahas bagian yang terakhir yaitu yang berkaitan dengan huruf khususnya huruf jer. Pembahasan dalam skripsi ini mengkaji tentang huruf jer dalam kitab “mabadiul fiqh” dengan pendekatan ilmu nahwu. Kitab “mabadiul fiqh” adalah salah satu kitab fiqh bermadzhab imam asy-Syafi’i yang terbaik terpoluler dan juga para pesantren banyak menggunakan kitab ini sebagai kajian ilmu fiqh dimana cara pengkajiannya da nisi kandungan didalamnya sangat baik dan mudah untuk dipahami, sehingga peneliti memilih kitab ini sebagai objek untuk dikaji. Pokok pembahasan yang dikemukakan dalam rumusan masalah ini meliputi dua hal yaitu; 1apa saja macam-macam huruf jer yang terpadapat dalam kitab “mabadiul fiqh” karya umar abdul jabar dan apa saja makna huruf jer yang terdapat pada dalam kitab “mabadiul fiqh” karya umar abdul jabar. Dalam pembahasan skripsi ini peneliti menggunakan ilmu adapun metode yang peneliti gunakan adalah metode penelitian deskriptif kualitatif yang mana langkah-langkah penulis dalam mengumpulkan data adalah dengan cara membaca berulang-ulang sehingga menemukan data kemudian peneliti melakukan analisis pada data-data tersebut. Dari hasil penelitian tersebut dapat di simpulkan, bahwa terdapat 253 huruf jer dalam kitab “mabadiul fiqh” juz 1dan 2, huruf jer min dengan makna al-bayan (penjelasan), al-ibtida (permulaan), adz-dzorfiyah ( makna dzorfiyah), at-tab’id ( beberapa). Huruf jer ila dengan makna al-intiha’ (mencapai batas maksimal). Huruf jer an denagn makna al-mujawazah (melewati/menjauhan), al-badal (pengganti), at-ta’lil was sabaiyah (sebab/alas an), makna “min”, mkana “ala”, makna “lam”. Huruf jer ala dengan makna al-isti’la’ (makna atas). Huruf jer fi dengan makna adz-dzorfiyah. Huruf jer ba’ dengan makna as-sababiyah wa ta’lil (sebab/alas an), at-ta’diyah (mutaadi), al-ilsoq (bertemu), ah-istianah (sebagai alat), adz-dzorfiyah. Huruj jer lam dengan makna at-ta’lil was sababiyah (sebab/alas an), al-ikhtisos (kehususan), al-mulku (kepemilikan).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Agustin, Riski Dwirisdwi2498@gmail.comA01217037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuntaha, Muntaha-2012075901
Subjects: Sastra
Bahasa Arab > Tata Bahasa
Keywords: Kitab mabadiul fiqh; huruf jer dan maknanya
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Agustin Riski Dwi
Date Deposited: 17 Apr 2022 14:48
Last Modified: 17 Apr 2022 14:48
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52845

Actions (login required)

View Item View Item