Pengembangan modul konseling preventif bullying untuk mencegah perilaku bullying di MAN Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Saputra, Fahmi Ananda (2022) Pengembangan modul konseling preventif bullying untuk mencegah perilaku bullying di MAN Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fahmi Ananda Saputra_B93218135.pdf

Download (930kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan pengembangan yaitu Untuk mengetahui proses pengembangan serta proses uji coba modul konseling preventif superior deteksi sedini mungkin bullying di MAN Sidoarjo. Adapun proses penelitian menggunakan metode penelitian Research and development atau RnD dengan teknik wawancara dan observasi lapangan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Proses pengembangan modul konseling preventif superior meliputi tiga tahapan, yakni pra produksi, produksi dan pasca produksi. Di dalam tahapan pra produksi berisi potensi masalah dan penggalian data, pada tahapan keduaproduksi berisi desain produk awal, Validasi desaign, revisi desagin, uji coba produk, revisi produk. Pada tahapan teakhir terdapat pasca produksi yang berisi uji coba produk pada subyek penelitian. Proses Uji coba produk dilakukan pada ahli dan subjek penelitian. Uji coba ahli atau intereter dilakukan kepada 4 orang dengan menggunaka angket. Pada subjek penelitian juga terdapat angket penilaian guna memberi masukan kepada peneliti terhadap modul yang dibuat. Tujuan uji coba produk sendiri adalah untuk meniali produk apakah sudah memenuhi aspek kelayakan, ketepatan, dan kegunaan dari produk.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Saputra, Fahmi Anandab93218135@uinsby.ac.idB93218135
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCholil, Cholil-2015066501
Subjects: Kekerasan
Perilaku
Keywords: Modul; konseling preventif; bullying
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Fahmi Ananda Saputra
Date Deposited: 24 Apr 2022 22:20
Last Modified: 24 Apr 2022 22:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52885

Actions (login required)

View Item View Item