Implementasi metode Self Organizing Maps dalam pengelompokan wilayah penyebaran Covid-19 di Provinsi Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mardiyah, Ilmiatul (2022) Implementasi metode Self Organizing Maps dalam pengelompokan wilayah penyebaran Covid-19 di Provinsi Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ilmiatul Mardiyah_H72218021.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penyakit Covid-19 merupakan infeksi virus yang sangat menular dapat diketahui dengan gejala pada sistem pernapasan, penyebaran virus tersebut sangat cepat melalui kontak fisik dengan pengidap penyakit tersebut dan setiap harinya kasus positif Covid-19 bertambah dan hampir semua Provinsi di Indonesia terkena dampak virus tersebut salah satunya Provinsi Jawa Timur. Penelitian ini dilakukan untuk mengelompokan wilayah-wilayah di Provinsi Jawa Timur yang memiliki karakteristik penyebaran Covid-19 yang sama menggunakan metode Self Organizing Maps (SOM). SOM merupakan salah satu Jaringan Syaraf Tiruan yang menerapkan pembelajaran tidak dengan pengawasan (unsupervised learning). Data yang digunakan merupakan data perkembangan Covid-19 di kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur dari bulan Januari sampai November 2021. Berdasarkan hasil evaluasi menggunakan silhouette coefficient nilai SC tertinggi berada pada uji jumlah cluster k = 3 dengan nilai learning rate 0.4 sebesar 0.5246 yang memiliki struktur cluster yang baik. Berdasarkan hasil cluster terbaik pengelompokan wilayah dibagi menjadi 3 cluster yaitu warna merah untuk wilayah yang memiliki tingkat penyebaran Covid-19 sangat beresiko lebih tinggi atau tingkat kerawanan lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah yang berada pada cluster hijau.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mardiyah, Ilmiatulilmiatulmardiyah@gmail.comH72218021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUlinnuha, Nurissaidahnuris.ulinnuha@uinsby.ac.id2002119001
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Matematika
Teknologi
Keywords: Analisis Cluster; Covid-19; Jawa Timur; Self Organizing Maps (SOM); Silhouette coefficient
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Ilmiatul Mardiyah
Date Deposited: 12 May 2022 06:57
Last Modified: 12 May 2022 06:57
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52896

Actions (login required)

View Item View Item