Pemberdayaan masyarakat melalui kelompok karang taruna dalam upaya membangun kepedulian lingkungan terhadap masalah sampah di Dusun Suronanggan Desa Trojalu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatmawati, Amaylia (2022) Pemberdayaan masyarakat melalui kelompok karang taruna dalam upaya membangun kepedulian lingkungan terhadap masalah sampah di Dusun Suronanggan Desa Trojalu Kecamatan Baureno Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amaylia Fatmawati_B92217051.pdf

Download (4MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang upaya mengatasi masalah sampah yang selama ini belum tertangani oleh masyarakat Dusun Suronanggan. Pembuangan sampah secara sembarangan terjadi pada lahan kosong, jublngan, pekarangan rumah dan disungai. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui dampak dari lingkungan yang tercemar oleh sampah yang dibuang secara liar, yang memunculkan strategi dan mengetahui hasil dari strategi yang digunakan. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian adalah metode PAR (Parcipatory Action Research). Langkah pertama yang peneliti lakukan adalah membangun kepercayaan antara peneliti dengan masyarakat, peneliti melakukan pendekatan awal, menemukan masalah bersama kelompok dampingan, menyusun strategi, melakukan aksi bersama masyarakat dan membuat evaluasi. Peneliti akan melakukan pendampingan untuk melakukan penyadaran masyarakat melalui kegiatan Pendidikan informal yang akan berjalan. Membentuk kelompok peduli lingkungan yang bertujuan agar masyarakat mengerti bahaya dan dampak yang ditimbulkan dari pembuangan liar dan Pembuatan bank sampah yang bertujuan agar dapat menakan pembuangan sampah secara liar dan sampah kini memiliki nilai jual. Yang terakhir melakukan advokasi yang bertujuan agar terciptanya aturan yang diikuti dengan sanksi atau denda tentang larangan membuang sampah secara liar agar masyarakat tidak lagi melakukannya. Beberapa masyarakat juga mengetahui bahaya yang ditimbulkan dari sampah, tetapi kebanyakan masyarakat tidak tahu cara pengelolaannya. Hal inilah yang menyebabkan masyarakat membuang sampahnya secara sembarangan. Setelah adanya program bank sampah, kini masyarakat dengan gampang memilah sampah dan masyarakat tidak lagi membuang sampahnya sembarangan. dengan itu kini lingkungan menjadi semakin bersih sehat dan terawat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatmawati, Amayliaamaylia1405@gmail.comB92217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusria.ningsih@uinsby.ac.id2018057601
Subjects: Pemberdayaan
Keywords: Pemberdayaan; sampah; bank sampah; kepedulian lingkungan
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Amaylia Fatmawati Fatmawati
Date Deposited: 19 Apr 2022 04:02
Last Modified: 19 Apr 2022 04:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52898

Actions (login required)

View Item View Item