Efektivitas google form terhadap hasil penilaian harian mata pelajaran akidah akhlak kelas ii b MI Al Qodir Wage Taman Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ilma, Fira Zahrotul (2022) Efektivitas google form terhadap hasil penilaian harian mata pelajaran akidah akhlak kelas ii b MI Al Qodir Wage Taman Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fira Zahrotul Ilma_D77218036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas tentang efektivitas google form terhadap hasil penilaian harian mata pelajaran akidah akhlak kelas II-B MI Al-Qodir Wage Taman Sidoarjo. Penelitian ini dilatar belakangi sebuah fenomena peralihan pembelajaran daring menjadi pembelajaran luring dapat menginovasi guru dalam memilih media pembelajaran yang tepat sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik. Penggunaan google form dapat memudahkan guru untuk mengontrol dan merekap hasil belajar peserta didik. Selain itu, dapat memudahkan peserta didik dalam mengerjakan penilaian harian melalui link yang diberikan oleh guru berdasarkan waktu yang telah ditentukan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Pelaksanaan penilaian harian akidah akhlak dengan google form efektif pada siswa kelas II-B MI Al-Qodir Wage Taman Sidoarjo. 2) Tingkat efektivitas google form dalam penilaian harian mata pelajaran akidah akhlak kelas II-B MI Al-Qodir Wage Taman Sidoarjo. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experimental design dengan bentuk nonequivalent control group design. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data menggunakan tes dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan liliefors dan uji t independent samples test dengan bantuan SPSS 23. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Google form efektif sebagai instrumen penilaian harian akidah akhlak kelas II-B MI Al-Qodir Wage Taman Sidoarjo. Hal ini dibuktikan dengan peningkatan skor nilai rata-rata pretest dan posttest pada kelompok eksperimen maupun kelompok kontrol. 2) Tingkat efektivitas google form dalam penilaian harian mata pelajaran akidah akhlak kelas II-B MI Al-Qodir Wage Taman Sidoarjo dinyatakan efektif. Hal ini dibuktikan dengan hasil posttest kelompok eksperimen dengan mean 86,51 lebih tinggi daripada hasil posttest kelompok kontrol dengan dengan mean 80,09. Data dalam penelitian ini berdistribusi normal, karena nilai signifikansi > 0,05. Uji independent samples test memiliki nilai sig.(2-tailed) = 0,000 < 0,05. Oleh karena itu, Ha diterima dan H0 ditolak. Sehingga, variabel X efektif terhadap variabel Y. Dengan demikian, tingkat efektivitas google form efektif sebagai instrumen penilaian harian mata pelajaran akidah akhlak kelas II-B MI Al-Qodir Wage Taman Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ilma, Fira Zahrotuld77218036@uinsby.ac.idD77218036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSaleh, Chairatichairatisaleh@uinsby.ac.id2011047302
Thesis advisorTamwifi, Irfanirf.tamwifi@gmail.com2002017001
Subjects: Akhlak
Pendidikan > Tes Belajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Google form; penilaian harian; efektivitas
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fira Zahrotul Ilma
Date Deposited: 19 Apr 2022 07:56
Last Modified: 19 Apr 2022 07:56
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52914

Actions (login required)

View Item View Item