Pemodelan kemiskinan di Jawa Timur menggunakan regresi nonparametrik B-Spline

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Valentina, Maya Febriani (2022) Pemodelan kemiskinan di Jawa Timur menggunakan regresi nonparametrik B-Spline. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maya Febriani Valentina_H02218006.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Negara Indonesia memiliki permasalahan utama yaitu kemiskinan. Kemiskinan adalah suatu keadaan di mana kondisi seseorang tidak mampu mencukupi kebutuhan hidupnya. Jawa Timur menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang tak luput dari masalah kemiskinan dengan menduduki peringkat ke-3 dalam urutan kemiskinan di Pulau Jawa pada tahun 2018. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui model kemiskinan di Jawa Timur menggunakan Regresi Nonparametrik B-Spline dan nilai akurasinya. Data yang digunakan adalah rata-rata lama sekolah, tingkat pengangguran terbuka, tingkat partisipasi angkatan kerja sebagai variabel prediktor dan indeks kedalaman kemiskinan sebagai variabel respon. Metode yang digunakan yaitu Regresi Nonparametrik B-Spline. Regresi Nonparametrik adalah metode statistika yang tidak mengacu pada parameter tertentu dan dilakukan untuk mengetahui hubungan antara variabel prediktor dengan variabel respon. Regresi Nonparametrik B-Spline digunakan saat suatu data dalam penelitian tidak ditemukan adanya suatu pola. Model B-Spline terbaik didapatkan berdasarkan titik knot optimal yang memiliki nilai GCV minimum. Hasil dari penelitian ini adalah model B-Spline terbaik saat X1, X2, dan X3 berorde 2 serta banyaknya knot sebanyak satu dengan masing-masing titik knot pada X1 yaitu 6,2116, pada X2 yaitu 2,4663, dan pada X3 yaitu 69,3236 dengan nilai GCV sebesar 0,3769 serta nilai akurasi MAPE yang didapatkan cukup baik yaitu 30,67%.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Valentina, Maya Febrianimayafebrianiv17@gmail.comH02218006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIntan, Putroue Keumalapuput.in@gmail.com0728058802
Thesis advisorHamid, Abdullohdoelhamid@uinsby.ac.id2028088501
Subjects: Kemiskinan
Matematika
Statistik
Keywords: Kemiskinan; Jawa Timur; regresi nonparametrik B-Spline
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Matematika
Depositing User: Maya Febriani Valentina
Date Deposited: 19 Apr 2022 23:31
Last Modified: 19 Apr 2022 23:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52923

Actions (login required)

View Item View Item