Pandangan mahasiswa UINSA pada efektivitas mata kuliah agama dalam kehidupan spritualitas

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mukti, Fajar Seto (2021) Pandangan mahasiswa UINSA pada efektivitas mata kuliah agama dalam kehidupan spritualitas. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fajar Seto Mukti_I73217057.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Dalam penelitian ini mengkaji bagaimana pandangan mahasiswa uinsa atas efektivitas mata kuliah dalam kehidupan spiritualitasnya dan bagaimana bentuk spiritualitas mahasiswa uinsa setelah mempelajari materi mata kuliah agama tersebut. Dari rumusan masalah tersebut terdapat sub ba pembahsan lainya, antara lain pembahasan mengenai latar belakang pendidikan pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya, pendapat mahasiswa yang kaitanya dengan mata kuliah agama dan sistem pengejarannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif jenis data dan teknik pengumpulan data observatif,wawancara,serta dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis fenomena pada mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya adalah teori Kontruksi Sosial milik Peter L. Berger. Dari hasil penelitian yang ditemukan bahwa (1) pandangan mahasiswa uinsa atas efektivitas mata kuliah dalam kehidupan spiritualitas antara lain mahasiswa menyatakan mata kuliah agama terutama bagi mahasiswa UINSA memiliki peran cukup terhadap meningkatkan spiritualitasnya dalam berbagai aspek dalam proses keseharian kehidupanya. (2) serta bentuk spiritualitas mahasiswa uin sunan ampel menghasilkan atau merubah bentuk baru spiritualitas dari diri mahasiswa itu sendiri dan mengentransformasikan ke lingkungan sekitar yang di anggap relevan bagi dirinya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mukti, Fajar Setofajarseto67@gmail.comI73217057
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSuhartini, Rr.suhartini.rofiq@gmail.com2013015801
Subjects: Bimbingan Belajar
Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Mata kuliah agama; kehidupan spiritualitas
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: FAJAR SETO MUKTI
Date Deposited: 24 Apr 2022 22:30
Last Modified: 24 Apr 2022 22:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52928

Actions (login required)

View Item View Item