Pengaruh eksplorasi bentuk-bentuk geometri dengan media manipulatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah ABA Konang Glagah Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulkhatiata, Id'ha Tutfi (2022) Pengaruh eksplorasi bentuk-bentuk geometri dengan media manipulatif dalam meningkatkan kemampuan kognitif anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah ABA Konang Glagah Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Id'ha Tutfi Ulkhatiata_D79218030.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah ABA Konang Glagah Lamongan dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan kognitif anak dalam hal eksplorasi bentuk-bentuk geometri. Hal ini terlihat saat pembelajaran geometri masih banyak yang belum mampu membedakan bentuk-bentuk geometri yang tepat sesuai instruksi gurunya, kemudian pada saat anak diminta untuk menyebutkan benda yang menyerupai pola geometri hanya sekitar 4 anak yang aktif dalam menjawab apalagi dikaitkan dengan benda nyata. Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu membuktikan apakah ada pengaruh media manipulatif terhadap kemampuan kognitif dalam hal eksplorasi bentuk-bentuk geometri. Peneltian ini menggunakan pendekatan penelitian kuantitatif dengan jenis pre eksperimental dan desain penelitian one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 15 anak. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dengan alat penilaian berupa lembar observasi. Analisis data menggunakan statistik non parametik uji jenjang bertanda Wilcoxon (wilcoxon match pairs test) dengan rumus t hitung < t tabel, dimana penelitian ini dikatakan signifikan karena adanya pengaruh dua variabel jika t hitung < t tabel. Berdasarkan hasil analisis data tentang kemampuan kognitif dalam hal ekplorasi bentuk-bentuk geometri pada saat observasi sebelum perlakuan (pretest) dan observasi setelah perlakuan (posttest) menggunakan media manipulatif diperoleh nilai rata-rata hasil pretest 4 dan rata-rata hasil posttest 6,15. Hasil perhitungan dengan uji jenjang diperoleh t hitung = 0 lebih kecil dari t tabel = 25 dan hasil pengambilan keputusan yaitu Ha diterima karena t hitung < t tabel (0 < 25) dan Ho ditolak karena t hitung > t tabel (0 > 25). Simpulan penelitian menunjukan bahwa media manipulatif secara signifikan terhadap kemampuan kognitif dalam hal eksplorasi bentuk-bentuk geometri pada anak usia 4-5 tahun di TK Aisyiyah ABA Konang Glagah Lamongan. Hal ini membuktikan bahwa media manipulatif dapat membantu anak untuk mengembangkan kemampuan kognitifnya dalam hal eksplorasi bentuk-bentuk geometri.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulkhatiata, Id'ha Tutfiidhatutfiulkhatiata@gmail.comD79218030
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorDwijo, Al Qudus Nofiandri Eko Sucipto--197311162007101001
Subjects: Anak
Keywords: Manipulative media; Cognitive Abilities
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Anak Usia Dini (PIAUD)
Depositing User: Id'ha Tutfi Ulkhatiata
Date Deposited: 21 Apr 2022 12:58
Last Modified: 21 Apr 2022 12:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52938

Actions (login required)

View Item View Item