Analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap dispensasi kawin karena kehamilan diluar nikah di KUA Plaosan Magetan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Faruq, Asshifa Rahmanida (2021) Analisis Maṣlaḥah Mursalah terhadap dispensasi kawin karena kehamilan diluar nikah di KUA Plaosan Magetan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asshifa Rahmanida Al faruq_C01216006.pdf

Download (2MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian skripsi ini yaitu dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan studi dokumen sebagai metode pengumpulan data. Data yang diperoleh dan terkumpulkan kemudian dianalisis menggunakan metode deskripstif analisis dengan pola pikir deduktif. Persoalan dispensasi kawin di KUA Plaosan Magetan terdapat remaja yang belum mencapai batas usia minimal menikah telah hamil sebelum menikah. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan penulis menunjukkan bahwa peraturan mengenai dispensasi kawin karena hamil diluar nikah sebagaimana diatur dalam Pasal 7 Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2019 Tentang Perkawinan dalam istinbaṭ hukumnya berdasarkan kepada teori Maṣlaḥah mursalah. Hal ini disebabkan terpenuhinya syarat-syarat Maṣlaḥah mursalah dalam istinbaṭ hukum, yakni kemaslahatan harus sejalan dengan tujuan pokok syariah : memelihara agama (hifdz ad-din), memelihara jiwa (hifdz an-nafs), memelihara akal (hifdz al- aql), memelihara keturunan (hifdz al-nasl), memelihara harta (hifdz al-mal). Kelima kemaslahatan ini mempunyai sifat hakiki, berlaku secara umum, dan tidak bertentangan dengan naṣ. Sejalan dengan kesimpulan diatas, penulis mengharapkan pihak yang berkaitan Tidak hanya untuk orang tau disisi lain lingkungan sekolah harus mengajarkan tentang sex sejak dini agar para anak akan lebih mengetahui ketika mulai beranjak dewasa agar memahami hal-hal yang akan berimbas pada masa depan dan impian mereka kelak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Faruq, Asshifa RahmanidaSyeefaalfaruq3@gmail.comC01216006
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunif, M. Faisolm.faisolmunif@gmail.com2031125805
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Perkawinan
Keywords: Kawin; kehamilan di luar pernikahan; perkawinan
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Asshifa Rahmanida Al Faruq
Date Deposited: 20 Apr 2022 01:25
Last Modified: 20 Apr 2022 01:25
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52945

Actions (login required)

View Item View Item