Diseminasi liberalisme Islam dalam film the taqwacores: telaah teori semiotika Roland Barthes

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Cahyono, Risky Farouk (2022) Diseminasi liberalisme Islam dalam film the taqwacores: telaah teori semiotika Roland Barthes. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Risky Farouk Cahyono_E91216067.pdf

Download (23MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/cgi/users/home?screen=...

Abstract

Film The Taqwacores ini merupakan sebuah kehidupan sekelompok punk yang beragama Islam dengan struktur pemikiran dan pemahaman yang sangat liberal dan penuh kebebasan, punk itu sendiri kini telah mencapai subkultur dan menjadi sebuah kebudayaan tersendiri, yang kemudian tidak hanya menjadi sebuah musik akan tetapi sudah menjadi gaya hidup untuk sebagian orang. Seperti yang sudah dijelaskan pada awal kalimat bahwa punk sudah perlahan beralih menjadi sebuah gaya hidup, hal itulah yang di dalam alur cerita film. Meski mereka seorang yang menganut agama Islam, mereka tidak bisa lepas dengan gaya hidupnya menjadi seorang punk. Film ini diadaptasi dari sebuah novel yang berjudul Taqwacore, Michael Muhammad Knight yang merupakan seorang penulis novel Taqwacore juga berkata “Saya sedang tidak merusak Islam, saya sedang berusaha agar Islam menjadi mungkin dalam kehidupan saya”, ucapnya setelah menyelesaikan novel tersebut. Penelitian ini berusaha memetakan liberalisme yang ada dalam film dengan menggunakan metode kualitatif dan deskriptif analisis, serta teori semiotika Roland Barthes. Melalui teori semiotika Roland Barthes dengan denotasi, konotasi dan mitos, peneliti dapat memahami pesan atau simbol-simbol yang tersampaikan melalui dialog, pengambilan gambar dan gerak gaya para pemain film The Taqwacores.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Cahyono, Risky Faroukargetan123@gmail.comE91216067
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAnshori, Isai.anshori@yahoo.com2004067302
Subjects: Filsafat > Filsafat Islam
Film > Film -- Aspek Keagamaan
Keywords: Semiotika; Liberalisme Islam
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: Risky Farouk Cahyono
Date Deposited: 25 Apr 2022 00:36
Last Modified: 25 Apr 2022 00:36
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/52983

Actions (login required)

View Item View Item